Apa Itu Kepribadian Ganda dan Mengapa Ini Lebih dari Sekedar Skizofrenia?

Apa Itu Kepribadian Ganda dan Mengapa Ini Lebih dari Sekedar Skizofrenia?

Gejala Kepribadian Ganda-borderline-personality-disorder.com-

1. Memilik Dua Kepribadian

Penderita gangguan ini memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda di dalam dirinya. Kepribadian tersebut bisa memiliki perbedaan yang mencolok atau bahkan bertentangan.

BACA JUGA:8 Cara Memulihkan Gangguan Kesehatan Mental Anxiety Tanpa Obat, Tak Perlu Khawatir!

BACA JUGA:5 Gangguan Kesehatan Mental Paling Berbahaya, Harus Diwaspadai

Istilah yang digunakan dalam psikologi untuk kepribadian tambahan ini adalah alter ego. Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa memiliki alter ego tidak selalu berarti mengalami kepribadian ganda.

Ketika alter ego mengambil kendali, individu yang mengalami gangguan jenis ini akan beralih menjadi pribadi lain dengan nama, usia, jenis kelamin, dan bahkan sifat yang berbeda. Meskipun jarang terjadi, penderita kepribadian ganda juga bisa merasa bahwa dirinya adalah binatang.

Saat alter ego menguasai kesadaran, penderita akan mengalami perubahan perilaku. Mereka mungkin melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan mereka sehari-hari.

2. Amnesia

Penderita gangguan ini sering kali mengalami amnesia, terutama terkait peristiwa-peristiwa traumatis pada masa kecil atau remaja mereka. Mereka juga bisa lupa pada hal-hal penting atau kemampuan yang dimiliki saat alter ego mengambil alih kendali.

BACA JUGA:6 Jenis Gangguan Kesehatan Mental, Paling Sering Dijumpai

BACA JUGA:Mengenal Gangguan Mental Organik, Apa Saja Gejalanya dan Bagaimana Cara Penanganannya?

Selain itu, gejala lain yang sering terkait dengan kepribadian ganda meliputi gangguan kecemasan, depresi, delusi, kebingungan, penyalahgunaan narkoba, konsumsi alkohol, kehilangan ingatan, perilaku menyakiti diri sendiri, dan percobaan bunuh diri.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami beberapa gejala tersebut, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau pusat layanan kesehatan terdekat. Pemeriksaan dan penanganan yang tepat dapat membantu mencegah individu yang mengalami kepribadian ganda melakukan hal yang dapat membahayakan diri mereka sendiri atau orang lain.

Pengobatan Kepribadian Ganda

Umumnya, pengobatan untuk gangguan ini dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan utama, yaitu psikoterapi dan pemberian obat-obatan. Dalam psikoterapi, pasien akan diberikan pemahaman tentang kondisi yang dialaminya agar dapat menghadapi serta mengatasi masalah tersebut dengan lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: