Apa Itu Kepribadian Ganda dan Mengapa Ini Lebih dari Sekedar Skizofrenia?

Apa Itu Kepribadian Ganda dan Mengapa Ini Lebih dari Sekedar Skizofrenia?

Gejala Kepribadian Ganda-borderline-personality-disorder.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kepribadian ganda merujuk pada keadaan di mana seseorang memiliki dua atau lebih identitas yang berbeda. 

Gangguan ini juga dikenal sebagai gangguan identitas disosiatif. Biasanya, kondisi ini timbul karena pengalaman traumatis yang dialami berulang kali saat masa kanak-kanak.

Dibandingkan dengan skizofrenia, kepribadian ganda memiliki perbedaan yang signifikan. skizofrenia menyebabkan gejala yang memengaruhi pemikiran, perilaku, dan perasaan seseorang, namun tidak menghasilkan banyak kepribadian seperti pada kasus kepribadian ganda.

Faktor Penyebab dan Risiko Kepribadian Ganda

Penyebab dan faktor risiko terjadinya gangguan kepribadian ganda masih menjadi misteri yang belum terpecahkan dengan pasti. Namun, para ahli meyakini bahwa kondisi ini sering kali muncul sebagai hasil dari pengalaman traumatis yang dialami berulang kali selama masa kanak-kanak. 

BACA JUGA:Mengenal Anhedonia Komplikasi dari Gangguan Kesehatan Mental

BACA JUGA:8 Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Mental, Mudah Dilakukan!

Trauma tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk kekerasan emosional baik secara verbal maupun fisik, pelecehan atau kekerasan seksual, pola asuh yang cenderung menciptakan rasa takut pada anak, serta peristiwa-peristiwa traumatik seperti bencana alam atau konflik bersenjata. 

Selain itu, penculikan, penyiksaan, atau bahkan prosedur medis yang traumatis untuk mengobati penyakit juga dapat menjadi pemicu terjadinya gangguan ini.

Di samping faktor-faktor tersebut, individu yang memiliki riwayat keluarga dengan gangguan kepribadian ganda juga cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kondisi serupa. Hal ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan adanya faktor genetik atau lingkungan yang turut berperan dalam perkembangan gangguan ini. 

Gejala Kepribadian Ganda

Ciri khas yang dialami oleh individu yang mengidap gangguan ini meliputi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: