Manfaat Renang untuk Kesehatan Mental

Manfaat Renang untuk Kesehatan Mental

Rangkuman beberapa manfaat psikologis yang dari berenang yang baik untuk kesehatan mental.-Fahma Ardiana-

Berenang juga merupakan salah satu cara menyenangkan untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja. Kontak dengan air sangat bermanfaat dan membantu merilekskan tubuh dan pikiran.

Irama gerakan membelai yang teratur, membenamkan diri dalam air, dan fokus pada teknik dengan cepat terasa seperti meditasi bawah air yang menenangkan.

6. Membuat Bahagia

Ketika hipotalamus melepaskan adrenalin (epinefrin), detak jantung Anda meningkat dan darah dipaksa masuk ke otot Anda. Gelombang udara di tubuh Anda mengembang, memungkinkan lebih banyak oksigen mencapai otak Anda. Gula darah secara aktif dimobilisasi sebagai sumber energi.

Semua hal ini terjadi saat Anda aktif berenang, sama seperti olahraga lainnya. Meski sistem aktif, Anda akan merasakan sensasi ringan saat mengapung di air dan air menopang Anda.

Ketika Anda berhenti berenang, sistem saraf parasimpatis Anda terkontrol dan tubuh Anda kembali ke keadaan tenang dan rileks. Saat Anda mengeluarkan seluruh energi Anda di kolam, stres akan terlupakan dan Anda akan berada dalam keadaan tenang seolah-olah tidak pernah ada.

Manfaat berenang bagi kesehatan tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik, tetapi juga dapat membantu mengurangi stres. Berenang merupakan salah satu olahraga yang terbukti memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Saat berenang, tubuh melatih seluruh ototnya sehingga mengurangi ketegangan dan stres pada tubuh. Selain itu, kontak antara air dan tubuh Anda memiliki efek menenangkan dan membuat rileks. Dengan begitu, ada manfaat renang untuk kesehatan mental.  (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: