Waspada ! Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja

Waspada ! Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja

Berbagai jenis gangguan jiwa dengan gejala yang berbeda-beda yang umum terjadi pada remaja menurut WHO.-Fahma Ardiana-

Sebaliknya pada bulimia, orang tersebut justru makan terlalu banyak dan sulit berhenti. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh stres.

2. Gangguan Perilaku

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja, Kunci untuk Kesejahteraan dan Produktivitas

 

BACA JUGA:10 Dampak Bahaya Friends With Benefits Bagi Kesehatan Mental

Berbagai jenis gangguan perilaku yang umumnya terlihat pada remaja termasuk ADHD, gangguan perilaku, ketidakmampuan belajar, ODD (gangguan menentang oposisi), dan ASD (gangguan spektrum autisme).

3. Psikosis

Gangguan kesehatan mental berikutnya yang menyerang remaja adalah psikosis, yaitu kondisi dimana remaja tidak mampu membedakan kenyataan dan fantasi. Gangguan jiwa ditandai dengan halusinasi dan delusi.

Halusinasi ditandai dengan merasakan, melihat, mencium, atau mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Delusi, di sisi lain, ditandai dengan keyakinan yang kuat terhadap hal-hal yang bukan kenyataan. Gangguan psikotik dapat berkembang menjadi skizofrenia.

BACA JUGA:5 Gangguan Kesehatan Mental Paling Berbahaya, Harus Diwaspadai

BACA JUGA:8 Cara Memulihkan Gangguan Kesehatan Mental Anxiety Tanpa Obat, Tak Perlu Khawatir!

4. Gangguan Afektif

Gangguan afektif merupakan gangguan jiwa yang paling umum terjadi pada generasi muda. Kondisi tersebut dapat berupa gangguan kecemasan, depresi, dan fobia spesifik (ketakutan berlebihan terhadap benda atau hal tertentu).

5. Perilaku Berisiko

Ketika seorang remaja berani melakukan sesuatu yang beresiko dan tanpa mempertimbangkan akibat dari perbuatannya, maka kondisi ini patut dianggap sebagai penyakit jiwa. Aktivitas yang dianggap berbahaya dan berisiko antara lain penyalahgunaan narkoba, seks bebas, dan meminum minuman beralkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: