Waspada ! Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja

Waspada ! Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja

Berbagai jenis gangguan jiwa dengan gejala yang berbeda-beda yang umum terjadi pada remaja menurut WHO.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan kesehatan mental pada remaja merupakan permasalahan yang memerlukan perhatian khusus.

Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Jiwa Remaja Nasional (I-NAMHS) Indonesia tahun 2022, terdapat 15,5 juta orang atau satu dari tiga remaja (34,8%) yang mengalami permasalahan kesehatan mental di Indonesia.

WHO melaporkan bahwa satu dari tujuh anak berusia antara 10 dan 19 tahun mempunyai masalah psikologis. Depresi, kecemasan, dan gangguan perilaku merupakan salah satu penyebab utama penyakit dan gangguan mental pada remaja.

Oleh karena itu, permasalahan psikologis pada generasi muda harus segera diminimalisir. Salah satu pilihannya adalah meningkatkan kesadaran tentang jenis masalah kesehatan mental yang umum diderita remaja. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Tanda Adanya Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Anak

Mengenali Berbagai Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja

Secara umum, terdapat berbagai jenis gangguan kesehatan mental pada remaja dengan gejala yang berbeda-beda. Namun menurut WHO, gangguan mental berikut ini umum terjadi pada remaja:

1. Gangguan Makan

Gangguan kesehatan mental yang umum terjadi pada remaja antara lain gangguan makan seperti anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan bulimia nervosa (makan terus-menerus).

BACA JUGA:Inilah Tanda-Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mental

BACA JUGA:Orang Tua Harus Jauhi Mental Miskin Jika Ingin Sang Anak Sukses

Anoreksia dan bulimia biasanya disebabkan oleh ketakutan akan bertambahnya berat badan pada remaja.

Hal ini dikarenakan Anda mungkin menjadi minder dan terobsesi dengan tubuh langsing meski berat badan Anda sudah sangat rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: