Inilah Beberapa Tanda Adanya Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

Inilah Beberapa Tanda Adanya Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

Tanda-tanda adanya gangguan mental pada anak yang perlu diwaspadai oleh orang tua.-Fahma Ardiana-

2. Perubahan suasana hati

Anak menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung. Dia bisa bereaksi berlebihan terhadap hal-hal kecil. Sebaliknya, hal itu bisa membuat Anda merasa kesepian, putus asa, dan tidak berdaya. Anak juga sering merasa cemas, cemas, cemas, dan sedih.

BACA JUGA:Beberapa Cara Untuk Mendidik Anak yang Tunarungu

BACA JUGA:Cara Menghadapi Toxic Parenting Bagi Anak

3. Perubahan perilaku

Perubahan perilaku tersebut antara lain menarik diri, melamun, sering menangis, bahkan kehilangan minat terhadap aktivitas yang sebelumnya disukai. Ia juga memiliki energi yang rendah, sulit tidur, dan sepertinya tidak ingin berinteraksi dengan orang lain.

4. Cacat fisik

Gangguan jiwa tidak hanya berdampak pada kesehatan jiwa, namun juga kesehatan jasmani. Anak-anak mungkin mengalami sakit kepala, sakit perut, sakit leher, atau nyeri tubuh secara umum.

Gangguan jiwa juga dapat menyebabkan kelelahan terus-menerus, kehilangan nafsu makan, dan insomnia. Beberapa anak mempunyai kebiasaan aneh seperti menggigit kuku, memutar-mutar rambut, dan menghisap jempol.

Itulah dia tanda-tanda adanya gangguan kesehatan mental pada anak yang perlu diwaspadai oleh orang tua. Jika anak Anda mengalami salah satu gejala di atas, segera temui psikiater untuk mendapatkan diagnosis yang benar. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: