Mengenal Tentang FOMO serta Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

Mengenal Tentang FOMO serta Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

Dampak bahaya FOMO bagi kesehatan mental -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengenal FOMO serta dampaknya bagi kesehatan mental. Dalam era digital yang terus berkembang pesat, fenomena FOMO (Fear of Missing Out) atau ketakutan ketinggalan seringkali menjadi masalah bagi banyak orang.

FOMO adalah kecemasan bahwa orang lain sedang melakukan sesuatu yang lebih menarik atau menyenangkan daripada apa yang sedang kita lakukan. Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang FOMO serta dampaknya bagi kesehatan mental.

Mengenal Tentang FOMO

FOMO atau Fear of Missing Out (FOMO), adalah perasaan cemas dan tidak nyaman yang timbul ketika seseorang terus-menerus membandingkan dirinya dengan orang lain secara tidak sehat.

Ini bisa terjadi ketika seseorang melihat postingan media sosial teman-teman yang tampaknya memiliki kehidupan yang lebih sukses, bahagia, atau memuaskan daripada dirinya sendiri, yang kemudian dapat menyebabkan perasaan tidak mencukupi atau kurang bernilai.

Dampak FOMO Bagi Kesehatan Mental

Berikut ini adalah dampak dari FOMO yang dapat terjadi:

1. Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan berlebihan merupakan dampak negatif yang seringkali terjadi akibat dari FOMO. Ketika seseorang terus-menerus membandingkan dirinya dengan orang lain dan merasa bahwa hidupnya tidak sebanding dengan kehidupan orang lain yang tampaknya lebih sukses atau bahagia.

Hal ini dapat menyebabkan tingkat stres dan kecemasan yang meningkat. Perasaan tidak mampu memenuhi ekspektasi atau standar yang ditetapkan oleh lingkungan sekitar atau media sosial dapat mengganggu kesejahteraan mental seseorang dan memicu gejala kecemasan yang berlebihan.

Ini perlunya kita mengenal FOMO serta dampaknya bagi kesehatan mental. 

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi FOMO agar Keuangan Tetap Sehat dan Stabil

BACA JUGA:Seringkali FOMO Terhadap Hal Ini, Apakah Kamu Termasuk?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: