Cara Minum Obat dengan Benar Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Produktif!

Cara Minum Obat dengan Benar Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Produktif!

Cara Minum Obat Saat Puasa-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sedang mengonsumsi obat secara rutin sesuai anjuran dokter dan merasa bingung bagaimana menyesuaikannya selama bulan puasa

Jangan khawatir, kamu dapat menerapkan cara minum obat yang sesuai saat berpuasa seperti yang akan diuraikan dalam artikel ini.

Selama puasa, kebingungan terkait cara minum obat mungkin timbul karena jeda waktu panjang di mana kamu tidak mengonsumsi makanan atau minuman. Namun, beberapa jenis obat sebaiknya diminum pada siang hari setelah makan.

Selain itu, minum obat biasanya diikuti dengan minum air. Namun, jika sedang berpuasa, hal ini tentu akan membatalkan puasa kamu.

BACA JUGA:Jangan Buru-buru Minum Obat Kimia! Kenali 5 Obat Alami Asam Urat Ini

BACA JUGA:Bahan Ini Diklaim Mampu Redakan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Cara Minum Obat Saat Puasa

Ketika menjalani puasa Ramadan, kamu harus menahan diri dari makan dan minum selama sekitar 13 jam. Agar tidak bingung dalam menyesuaikan cara minum obat, berikut penjelasan dan contohnya:

A. Obat 1 Kali Sehari

Obat yang diminum sekali sehari tidak memerlukan penyesuaian khusus selama bulan puasa. Kamu masih bisa mengonsumsinya saat malam hari setelah berbuka atau saat sahur.

Misalnya, obat antihipertensi yang diminum sekali sehari sebaiknya dikonsumsi saat sahur untuk mengontrol tekanan darah saat beraktivitas di siang hari.

Obat maag seperti omeprazole, lansoprazole, esomeprazole, atau pantoprazole yang diminum sekali sehari sebaiknya diminum pada malam hari sebelum tidur.

BACA JUGA:Begini Cara Minum Obat Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: