Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 Digelar Pekan Depan, Ini Sembilan Sasaran Pelanggarannya

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 Digelar Pekan Depan, Ini Sembilan Sasaran Pelanggarannya

Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2024 di Halaman Mapolres Purbalingga, Sabtu, 2 Maret 2024.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Satlantas Polresta PURBALINGGA akan menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, mulai pekan depan. Operasi ini akan menyasar sembilan pelanggaran berlalu lintas di jalan raya.

Hal itu diungkapkan oleh Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Arief Wiranto menjelaskan, operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 4 sampai 17 Maret 2024. 

Sedanhkan, tujuan dari pelaksanaan operasi keselamatan lalu lintas candi 2024, untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Serta, menurunkan angka rasio fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas," katanya, saat apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2024 di Halaman Mapolres Purbalingga, Sabtu, 2 Maret 2024.

BACA JUGA:Beredar Informasi Razia STNK Serentak, Satlantas Polres Purbalingga Pastikan Berita Bohong

Dia mengungkapkan, sasaran dari kegiatan Operasi Keselamatan Candi 2024 diantaranya pengemudi/pengendara menggunakan handphone, pengemudi/pengendara di bawah umur, pengendara tidak menggunakan helem berstandar SNI, pengemudi mobil tidak menggunakan sabuk keselamatan, pengemudi /pengendara kendaraan dalam pengaruh alkohol, pengendara melanggar rambu lintas dan atau marka jalan, pengendara melanggar isyarat lampu lalu lintas (menerobos lampu merah)  pelanggaran tidak sesuai persyaratan teknis dan laik jalan, pelanggaran balapan di jalan.

Pelaksanaan kegiatan operasi akan mengepankan edukasi kepada masyarakat melalui upaya Preemtif dan Preventif.

Meski demikian, penindakan atau penegakan hukum terhadap pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas, tetap dilakukan.Upaya penindakan terhadap pelanggar lalu lintas dilakukan melalui mekanisme yang berlaku.

Sebagai upaya preemtif, akan dikakukan upaya pembinaan dan penyuluhan ke berbagai komponen masyarakat baik pelajar, mahasiswa, kelompok otomotif serta para pengguna jalan.

BACA JUGA:Pelanggaran Tak Pakai Helm Mendominasi, Satlantas Polres Purbalingga Bagi-bagi Helm Gratis

Serta, upaya kampanye keselamatan berlalu lintas di pondok pesantren, melaksanakan Ramp Check kendaraan, serta menggelar klinik kesehatan bagi para pengemudi.

Selain apel pasukan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan launching pelayanan SIM keliling. Pelayanan ini, merupakan program perdana yang dilaksanakan pertama kali Polres Purbalingga. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: