3 Tips Ampuh Menghindari Uang Palsu Saat Berurusan dengan Jasa Penukaran, Jangan Tertipu!

3 Tips Ampuh Menghindari Uang Palsu Saat Berurusan dengan Jasa Penukaran, Jangan Tertipu!

Cara Menghindari Uang Palsu-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dekatnya Hari Raya Idul Fitri sering kali diiringi dengan banyaknya layanan penukaran uang yang tersedia di tempat-tempat umum.

Namun, momen ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan uang palsu melalui jasa penukaran uang.

Meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari uang palsu dari layanan penukaran uang yang ada.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan transaksi penukaran uang di lembaga keuangan resmi seperti bank guna menghindari risiko menerima uang palsu.

BACA JUGA:Hindari Penipuan! Tips Terpercaya Memilih Money Changer untuk Perjalanan Anda

BACA JUGA:5 Mata Uang Unik di Dunia, Aneh dan Sulit Dipalsukan

Tentu saja, kita tidak ingin situasi di mana kita memberikan uang kepada keluarga atau kerabat hanya untuk mengetahui bahwa uang tersebut adalah palsu.

Sebagaimana disampaikan oleh Indonesia.go.id, melindungi diri dari uang palsu adalah langkah penting untuk memastikan keamanan transaksi keuangan Anda. Berikut adalah tiga langkah yang dapat Anda terapkan untuk menghindari uang palsu:

1. Periksa Uang dengan Metode 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang)

Tips pertama yang bisa Anda terapkan untuk menghindari uang palsu yaitu dengan memeriksa uang menggunakna metode 3D. Ketika menerima uang, luangkan waktu untuk memeriksanya secara menyeluruh dengan metode 3D. Pertama, lihat dengan teliti setiap detail yang terdapat pada uang. 

Kemudian, raba tekstur dan kualitas kertasnya untuk memastikan keasliannya. Terakhir, terawang uang dengan cahaya untuk memeriksa keberadaan tanda keamanan seperti benang pengaman dan gambar berbingkai.

BACA JUGA:Sejarah dan Fakta Unik Mata Uang Rupiah

BACA JUGA:Penukaran Mata Uang Asing Naik 30 Persen di Money Changer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: