Tips Mengelola Keuangan agar Tidak Terlilit Hutang

Tips Mengelola Keuangan agar Tidak Terlilit Hutang

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan agar tidak terlilit hutang.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada banyak hal yang membutuhkan uang dalam jumlah besar. Misalnya membayar mobil, membayar real estate, membeli berbagai barang, dll.

Dalam beberapa kasus, pengeluaran tersebut dapat mengakibatkan pemborosan atau pengurangan anggaran untuk kebutuhan inti. Jika ini terjadi, tabungan Anda akan berkurang secara bertahap, sehingga sulit mengalokasikan uang untuk hal-hal yang Anda butuhkan, dan dalam skenario terburuk, Anda akan terlilit hutang.

Tips Mengelola Keuangan agar Tidak Terlilit Hutang

Cara terbaik mengatur keuangan Anda adalah dengan memprioritaskan pengeluaran Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan agar tidak terlilit hutang.

 

 

BACA JUGA:Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

BACA JUGA:Cara Mengelola Keuangan Bisnis Agar Terhindar dari Kerugian

1. Putuskan Prioritas

Setiap orang mempunyai prioritas berbeda berdasarkan kebutuhan pribadinya. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan prioritas Anda sendiri. 

Cobalah untuk mengkategorikan kebutuhan Anda dari harian hingga bulanan, misalnya belanja bahan makanan, tagihan listrik, tagihan internet, dan lain-lain. Pastikan untuk membuat anggaran yang tepat agar Anda dapat memenuhi kebutuhan utama Anda.

2. Fokus pada Satu Tanggungan

BACA JUGA:Tips Mengelola Keuangan Dengan Gaji di Bawah 2 Juta

BACA JUGA:Berbagai Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: