Mengenal Mother Wound, Luka Batin karena Kurangnya Kasih Sayang Ibu

Mengenal Mother Wound, Luka Batin karena Kurangnya Kasih Sayang Ibu

Mengenal Mother Wound-Freepik-

Cara Menangani Mother Wound

Berikut adalah cara untuk menangani Mother Wound. Mother wound bukanlah penyakit yang bisa didiagnosis secara medis, tetapi dapat berkembang menjadi gangguan mental seperti depresi atau kecemasan jika tidak diatasi dengan baik.

BACA JUGA:Inilah Cara yang Efektif Bagi Orang Tua untuk Mengajarkan Toilet Training Kepada Anak

BACA JUGA:Anak Tengah dan Middle Child Syndrome, Apa yang Harus Diketahui Orang Tua?

Luka batin perlu diobati agar bisa sembuh, bukan hanya untuk kebaikan pribadi, tetapi juga untuk memastikan bahwa luka tersebut tidak terbawa saat mengasuh anak. Beberapa langkah yang dapat dilakukan meliputi:

1. Mengakui perasaan yang dirasakan

Langkah pertama untuk sembuh dari luka batin akibat kurangnya kasih sayang ibu adalah dengan mengakui perasaan sendiri, seperti rasa marah atau kecewa. Beri waktu untuk merasakan kesedihan akibat pengabaian atau ketidakdicintaan. Melalui menulis jurnal atau bercerita, Anda dapat menerima apa yang terjadi.

2. Memahami kesalahan yang dilakukan ibu

Menjadi seorang ibu tidaklah mudah, terutama jika Anda memiliki trauma dari pola asuh orang tua atau mengalami gangguan mental. Mengharapkan perubahan seketika dari ibu atau memikirkan sosok ibu yang ideal hanya akan mengecewakan. Penting untuk mengenali ibu apa adanya.

3. Mencintai diri sendiri

Mother wound bukanlah kesalahan Anda. Berhentilah menyalahkan diri sendiri dan mulailah membenahi diri. Tanamkan pikiran bahwa Anda layak mendapatkan cinta dari diri sendiri dan orang lain.

BACA JUGA:9 Tips Parenting Untuk Anak Adopsi, Jadi Lebih Percaya Diri

BACA JUGA:Inilah 7 Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri yang Efektif

4. Merawat diri sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: