Mengenal Mother Wound, Luka Batin karena Kurangnya Kasih Sayang Ibu

Mengenal Mother Wound, Luka Batin karena Kurangnya Kasih Sayang Ibu

Mengenal Mother Wound-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mother wound merujuk pada luka batin yang timbul pada anak akibat kurangnya perhatian atau kasih sayang dari ibu pada masa kecil. 

Ini dapat berdampak pada perkembangan mental anak ketika dewasa. 

Namun, efek dari mother wound bisa diatasi agar individu yang mengalaminya dapat hidup lebih baik.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Makan Bersama Keluarga Penting Bagi Perkembangan Anak

BACA JUGA:Cara Efektif Mendidik Anak Laki-laki Remaja

Mother wound berasal dari kurangnya ikatan emosional antara ibu dan anak yang seharusnya terbentuk sejak awal ibu mengasuh anaknya. 

Meskipun umumnya dialami oleh anak perempuan, luka batin ini juga dapat terjadi pada anak laki-laki dan jika tidak ditangani dengan baik, bisa menjadi bekas yang membekas bahkan 'diwariskan' ke generasi berikutnya.

Ada beberapa penyebab utama mother wound, seperti ketidakmampuan ibu memberikan kasih sayang, perhatian, dan rasa aman kepada anak, juga kurangnya empati, jarak emosional, serta ketidakmampuan untuk membiarkan anak mengekspresikan emosi.

Mother wound juga dapat dipicu oleh kondisi yang dialami oleh ibu, seperti trauma emosional atau fisik, gangguan mental yang tidak teratasi, atau kecanduan alkohol atau narkoba.

BACA JUGA:Alasan Anak Takut Berbicara Bahasa Inggris

BACA JUGA:Tips Mendidik Anak Remaja Perempuan yang Benar

Tanda-tanda mother wound pada anak meliputi ketidakmampuan mencari kasih sayang dari ibu, perasaan tidak dicintai, keinginan untuk menjadi sempurna, kegugupan, dan ketakutan di sekitar nibu.

Dampak dari mother wound meliputi rendah diri, kurang percaya diri, isolasi, mudah marah, kecemasan, kesulitan dalam hubungan asmara, dan kecenderungan mencari pengalihan di luar lingkungan keluarga.

Penting untuk menyadari pengalaman masa kecil yang mungkin menjadi penyebab mother wound dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki dan merawat diri sendiri. Meskipun sulit, mengatasi mother wound bukanlah kesalahan individu, dan memperbaiki diri adalah langkah terbaik untuk penyembuhan luka batin ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: