Hujan Disertai Angin Kencang, Belasan Pohon Tumbang Tutup Jalan dan Timpa Rumah di Banyumas

Hujan Disertai Angin Kencang, Belasan Pohon Tumbang Tutup Jalan dan Timpa Rumah di Banyumas

Petugas saat melakukan penanganan terhadap pohon beringin yang menimpa bengkel warga di Berkoh Purwokerto Selatan, Minggu (21/1/2024)-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hujan disertai angin kencang menyebabkan belasan pohon tumbang menutup jalan dan menimpa rumah di Kabupaten Banyumas pada Minggu, (21/1/2024) kemarin. 

Berdasarkan data BPBD Banyumas pohon tumbang menimpa rumah terjadi di Rt 3 Rw 2 Karangrau Kecamatan Purwojati, Mersi Purwokerto Timur, Rt 2 Rw 5 Canduk Kecamatan Lumbir, depan STIE Berkoh Purwokerto Selatan dan Rt 4 Rw 2 Kaliurip Purwojati. 

Kepala BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, terdapat 19 bencana akibat dampak dari hujan dan angin kencang kemarin. 

BACA JUGA:Putaran Pertama Sub PIN Polio, Capaian di Kabupaten Purbalingga Lebihi Target

"Tentunya kita sudah koordinasi dengan DLH. Kita sudah sampaikan juga di media sosial kita bahwa Januari- Februari masuk penghujan. Jadi potensi bencana tanah longsor, banjir dan angin kencang harus kita waspadai," katanya, Senin (22/1/2024). 

Selain menimpa rumah, pohon tumbang juga menimpa mobil taksi di depan RS Margono Purwokerto. Termasuk baliho IT Telkom yang roboh dan menimpa rumah di perempatan Tanjung Purwokerto Selatan. 

"Dari prakiraan BMKG kecepatan angin kemarin memang cukup kencang, itu kecepatannya 10 km perjam," jelas Budi. 

BACA JUGA:Korban Kecelakaan Bus PO Shantika di Tol Pemalang Terjamin

Dan dengan adanya kejadian tersebut, untuk antisipasi pihaknya menghimbau agar warga tetap dapat waspada. 

"Terkait angin cukup kencang diharapkan bisa dilakukan penanganan pemotongan. Dan dari warga kalau ada tempat-tempat membahayakan ada baliho atau pohon ketika angin kencang tidak terlena dan menjauh, jadi tetap waspada," sambungnya. 

Sementara itu dampak angin kencang lainnya yaitu Pohon tumbang depan pendopo Wabup. Pohon tumbang di Pancurawis komplek jalan Sarwo Indah. Pohon tumbang depan apotek Sehat Sentosa Mersi. Kedungrandu Patikraja. Karangduren Sokaraja. Atap rumah Perum Firdaus Blok M 15 Sokaraja Kulon Sokaraja.

BACA JUGA:Kecelakaan Dua Sepeda Motor di Kejobong Akibatkan Tiga Orang Alami Luka Serius

Pohon tumbang menimpa aliran listrik Pasirmuncang. Pohon tumbang sekolah An Nida RS. Pohon tumbang di Jalan Kombas. Pohon tumbang di Jalan Stasiun. Pohon tumbang di Jalan Gereja depan SMA 5 Purwokerto. Serta Pohon tumbang di Karangklesem jalan SMP 5. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: