Hujan Deras Seharian Sebabkan Longsor di Karanganyar dan Banjir di Kaligondang

Hujan Deras Seharian Sebabkan Longsor di Karanganyar dan Banjir di Kaligondang

GENANGAN: Banjir yang diakibatkan hujan deras di Kecamatan Kaligondang.-BPBD PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di  Kabupaten Purbalingga mengakibatkan bencana tanah longsor dan banjir, Minggu, 14 April 2024.

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar. Sedangkan, bencana banjir terjadi di Kecamatan Kaligondang.

Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Prayitno mengatakan, hujan deras yang terjadi di Desa Kaliori mulai pukul 14,00 WIB, mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik.

"Bencana tanah longsor mengakibatkan jalan penghubung dusun 1 ke dusun 5 tertutup total," katanya kepada Radarmas, Minggu malam.

BACA JUGA:Permintaan Naik Saat Libur Lebaran, Stok Elpiji 3 Kilogram di Kabupaten Purbalingga Dipastikan Aman

BACA JUGA:Arus Balik, Ruas Jalan Purbalingga-Karangreja Padat Merayap

Dia menjelaskan, bencana tanah longsor di Desa Kaliori terjadi di RT 2 RW 1, yang mengakibatkan jalan tertutup sepanjang 10 meter, dengan ketinggian satu meter.

Di wilayah yang sama, tebing setinggi lima meter longsor sepanjang 100 meter. Di perbatasan Dusun 1 dan 5, terjadi tanah longsor dengan panjang 50 meter dan tinggi 1,5 meter.

Tanah longsor juga terjadi di RT 21 RW 5, yang mengakibatkan satu rumah rusak. Tanah longsor juga mengakibatkan tiga togor listrik roboh.

Tak hanya itu, tiga rumah juga terdampak longsor. Yakni, rumah milik Rido Trimanto di RT 2 RW 1 mengalami rusak ringan.

BACA JUGA:Dibuka Kembali, Sehari 350 Pendaki Penuhi Pos Bambangan Purbalingga

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Dana BOK Puskesmas Kutasari, Kuasa Hukum Anggap Penetepan Tersangka Kliennya Tidak Sah

Rumah milik Mirin di RT 2 RW 1 juga mengalami kerusakan ringan. Sedangkan, rumah milih Sator mengalami rusak berat, rumah miliknya jebol diterjang material longsor.

Sementara itu, di Kecamatan Kaligondang akibat meluapnya Sungai Ranu dan Sungai Lebak, sejumlah rumah sempat tergenang air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: