Miris, Pelajar di Kampung Laut, Cilacap Harus Lewat Jembatan yang Hampir Roboh Untuk Berangkat Sekolah

Miris, Pelajar di Kampung Laut, Cilacap Harus Lewat Jembatan yang Hampir Roboh Untuk Berangkat Sekolah

Video pelajar di Kampung Laut, Cilacap melintas di jembatan yang hampir roboh. -Explore Kampung Laut untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebuah video yang memperlihatkan sekelompok siswa Sekolah Dasar (SD), melintas di jembatan gantung yang terbuat dari bambu di Kecamatan Kampunglaut, Kabupaten CILACAP, viral di media sosial.

Dalam video tersebut, anak-anak tersebut terlihat kesulitan saat melewati konstruksi jembatan bambu yang sudah usang dan miring, Jumat (12/1/2024).

Narasi dalam video tersebut, jembatan diketahui berlokasi di Dusun Cibeureum, Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampunglaut, Kabupaten Cilacap. Saat dikonfirmasi, Camat Kampunglaut, Heru Kurniawan membenarkan hal tersebut. 

Heru mengatakan, jembatan sepanjang 40 meter itu merupakan jembatan penghubung dari Dusun Cibereum menuju Desa Induk Ujunggagak di Kecamatan Kampunglaut.

BACA JUGA:Tuai Polemik, Program Iuran Untuk Pensiuan KORPRI di Cilacap Dihentikan

BACA JUGA:Kerugian Akibat Kebakaran di Cilacap Selama 2023 Sebanyak Rp 4,13 Miliar

"Lokasinya berada di atas Sungai Cibereum. Saat ini kondisinya memang seperti yang ada di video, karena tiang penyangga terkena air sungai saat banjir. Material sampah dari Sungai Cimeneng banyak terkena ke tiang jembatan," kata Heru.

Dikatakan Heru, meski bukan akses utama, namun jembatan tersebut merupakan akses penting bagi warga Dusun Cibereum. Terutama bagi anak sekolah dan masyarakat yang hendak ke balai desa. 

"Jembatan ini bukan jembatan alternatif, tapi masyarakat menggunakan sebagai akses utama warga Dusun Cibereum menuju desa. Jadi masyarakat yang mau mengurus surat-surat ke balai desa lewatnya jembatan ini. Karena kalau lewat jalan kabupaten akan lebih jauh 14 kilometer sendiri," ujarnya.

Heru mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan ke lokasi dan sudah melaporkan ke Pj Bupati Cilacap agar bisa segera ditindaklanjuti. Dikhawatirkan jika jembatan putus, akan berdampak pada masyarakat sekitar. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: