8 Manfaat Telur Puyuh yang Jarang Diketahui

8 Manfaat Telur Puyuh yang Jarang Diketahui

Manfaat Telur Puyuh-Freepik-

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat telur puyuh yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam memperkuat tulang. Kandungan protein, vitamin D, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang terkandung di dalamnya berkontribusi pada kesehatan tulang. 

BACA JUGA:10 Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Jadi Awet Muda!

BACA JUGA:Inilah 4 Olahraga yang Cocok untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Untuk mengoptimalkan manfaat ini, dianjurkan juga menjalani rutin olahraga dan mengonsumsi makanan yang mendukung kesehatan tulang, seperti susu, keju, ikan, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Telur puyuh menyediakan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan otak, termasuk asam folat, kolin, dan lemak sehat. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam telur ini juga melindungi sel otak dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh radikal bebas. Dengan asupan nutrisi tersebut, fungsi otak tetap terjaga, memungkinkan peningkatan fokus dan konsentrasi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Studi ilmiah menunjukkan bahwa telur puyuh mengandung lemak tak jenuh ganda, antioksidan, dan kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah dan tingkat kolesterol agar tetap dalam batas normal. Tentunya, regulasi dua faktor tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dan vitamin B12 di dalam telur puyuh memiliki peran penting dalam mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan manfaat ini, tubuh dapat terhindar dari anemia atau kekurangan darah.

BACA JUGA:5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Gejala Anemia atau Kurang Darah

BACA JUGA:Sayuran Hijau Ampuh Cegah Anemia

8. Membantu Penurunan Berat Badan

Bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan, menambahkan telur puyuh ke dalam menu harian bisa menjadi pilihan. Meskipun rendah kalori, telur puyuh kaya protein dan lemak yang dapat membuat perasaan kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: