Hujan Deras, Tebing Setinggi 5 Meter di Majenang Longsor Hingga Tutup Akses Jalan

Hujan Deras, Tebing Setinggi 5 Meter di Majenang Longsor Hingga Tutup Akses Jalan

Babinsa bersama masyarakat bergotong royong membersihkan material longsoran yang terjadi di Desa Ujungbarang, Kecamatan Majenang, Rabu (3/12024).-Sutaryo Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kecamatan Majenang pada Rabu (3/1/2024), mengakibatkan bencana tanah longsor di Desa Ujungbarang tepatnya di Dusun Cipancur.

Akibatnya, material longsoran tebing setinggi 5 meter menutup akses jalan penghubung Dusun Cipancur dan Dusun Ciawar hingga tidak bisa dilalui oleh warga sekitar.

Dengan kondisi tersebut, Babinsa Desa Ujungbarang Kopral Kepala Sukiman Nahumarury bersama warga sekitar bergotong royong membersihkan material longsoran.

"Kita turun bersama Kepala Desa serta warga setempat sekitar 60 orang, bekerja bakti membersihkan material longsoran yang menutup ruas jalan antar Dusun Cipancur dan Ciawar," katanya.

BACA JUGA:Bawaslu Cilacap Buka Pendaftaran Untuk Pengawas TPS, Dibutuhkan 5.000 Orang

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Bakal Kembangkan Segara Anakan di 2024

Pelaksanaan kerja bakti tersebut menggunakan peralatan yang seadanya, bebatuan besar serta timbunan tanah yang cukup tebal dapat disingkiran sehingga akses jalan bisa kembali digunakan.

"Tapi masyarakat penguna jalan harus berhati-hati, karena kondisi jalan masih licin," tandasnya.

Dengan kondisi tersebut, Kopka Sukiman mengimbau kepada seluruh warga agar meningkatkan kewaspadaan karena saat ini memasuki musim penghujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Sehingga diperlukan pemantuan intensif terhadap lingkungan yang rawan terhadap bencana

"Sekiranya ada tanda-tanda longsor seperti pohon, mendengar suara gemuruh maka segera lapor kepada aparat terkait, untuk mengambil langkah-langkah penyelamatan untuk mengurangi korban," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: