Libur Natal dan Tahun Baru, Covid-19 di Banyumas Tambah Tiga Kasus

Libur Natal dan Tahun Baru, Covid-19 di Banyumas Tambah Tiga Kasus

Minim penambahan kasus di Banyumas, layanan vaksinasi Covid-19 oleh puskesmas mulai tahun ini diberikan selektif.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Kesehatan Banyumas mencatat selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 penambahan kasus Covid-19 tidak signifikan. Total selama Desember hanya empat kasus Covid-19 tanpa kematian.

Sub Koordinator Surveilans, Imunisasi dan Kejadian Luar Biasa (KLB) Dinas Kesehatan Banyumas, Achmad Chairul Hamdi SKM MKM mengatakan, dari pertengahan Desember hingga berakhirnya masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 kasus Covid-19 di Banyumas hanya bertambah tiga kasus. Total selama Desember di Banyumas kasus Covid-19 sebanyak empat kasus dengan nihil kematian.

"Pasien positif juga tidak ada yang lanjut usia (lansia)," katanya.

Hamdi menjelaskan, tiga penderita Covid-19 bulan Desember lalu juga menjalankan isolasi mandiri (Isoman). Artinya tidak ada perlakuan khusus terhadap orang yang diketahui positif di tengah naiknya kasus Covid-19 akhir tahun lalu.

BACA JUGA:Baliho Terkelupas di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto Bahayakan Pengguna Jalan

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Ground Breaking Kampus Baru UMP Senilai Rp 200 Miliar

"Semua cukup menjalani Isoman dan saat ini sudah kembali sehat," jelas dia.

Disinggung terkait vaksinasi berbayar mulai tahun 2024, di Banyumas vaksinasi Covid-19 tahun ini dilaksanakan selektif. Artinya pemberian vaksinasi Covid-19 tidak sebebas tahun 2023. Ada kriteria tertentu yang menjadi prioritas seperti orang dengan penyakit bawaan (Komorbid), lansia dan ibu hamil.

"Selain itu diarahkan untuk vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Masyarakat sudah diberikan kesempatan yang cukup longgar untuk vaksinasi tahun lalu," pungkas Hamdi. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: