Presiden Jokowi Resmikan Ground Breaking Kampus Baru UMP Senilai Rp 200 Miliar

Presiden Jokowi Resmikan Ground Breaking Kampus Baru UMP Senilai Rp 200 Miliar

Pertama kalinya, Presiden Joko Widodo mampir ke Kampus swasta di Purwokerto dan melakukan Ground Breaking pembangunan gedung baru, Rabu (3/1/2024).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pada hari kedua kunjungan kerja di awal tahun 2024, Presiden Joko Widodo menyempatkan melakukan peresmian pembangunan Kampus Dua Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Rabu pagi (3/1/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan penuh dari pemerintah dalam upaya pengembangan pendidikan. Dalam acara yang digelar di kawasan Kampus Dua UMP, Jalan Soepardjo Rustam, Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan gedung 14 lantai tersebut senilai Rp 200 miliar.

"Nanti yang bangun kampusnya pak Menteri PUPR. Tapi di cek dulu pak menteri habisnya berapa. Tadi pak Rektor bisik-bisik katanya habis sekitar Rp 200 miliar. Kalau benar Rp 200 miliar biar dibangun PU. Ini saya lihat tadi desainnya juga sangat bagus," ungkap Jokowi dalam sambutannya.

BACA JUGA:Muncul Wacana Relokasi Kantor UPKP Wangon ke Lahan Eks Kecamatan Wangon

Dalam percakapannya dengan Rektor UMP, Jokowi menyampaikan kebutuhan mendesak akan ruang kuliah yang memadai mengingat jumlah mahasiswa UMP yang mencapai 17 ribu.

"Kata Pak Rektor tadi, memang ruang kuliahnya kurang. Sehingga perlu dibangun gedung baru. Ini menjadi tertinggi mungkin di Purwokerto," tambahnya.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menjelaskan dengan antusias, bahwa gedung baru ini akan menjadi bagian dari perkembangan UMP. "Kampusnya nanti akan ada 3 blok besar di kampus Dua ini. Untuk ilmu kesehatan, kedokteran termasuk farmasi, Pascasarjana, dan RS Pendidikan UMP," paparnya.

BACA JUGA:Produk Anyaman Dapatkan Peluang Business Matching Di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023

"Blok pertama yang kita bangun nanti ada 14 lantai sisanya nanti bertahap. Proses pembangunan tahap satu sekitar delapan bulan. Kita start mulai akhir Februari atau awal Maret menyesuaikan waktu Ramadan dan Idul Fitri," ungkap Jebul Suroso dengan rinci.

Pentingnya kunjungan Presiden ke UMP dianggap sebagai dukungan signifikan terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia. 

"Kami bersyukur, dalam sejarah nampaknya, Presiden datang ke Universitas yang ada di Banyumas, apalagi ke UMP, baru kali ini," kata Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso.

BACA JUGA:Produk Anyaman Dapatkan Peluang Business Matching Di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023

Pihak Universitas juga berterima kasih atas perhatian dan dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo beserta Menteri PUPR beserta jajaran. Yang telah melakukan Ground Breaking pembangunan Kampus Dua UMP ini, dan akan menjadi tonggak awal bagi pengembangan UMP sebagai pusat pendidikan unggul di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: