Sumarsih, Perempuan Pedagang Inspiratif Pasar Rakyat Tahun 2023 Tingkat Nasional Asal Sumpiuh

Sumarsih, Perempuan Pedagang Inspiratif Pasar Rakyat Tahun 2023 Tingkat Nasional Asal Sumpiuh

Sumarsih, Perempuan Pedagang Inspiratif Pasar Rakyat Tahun 2023 Tingkat Nasional menunjukan piala juara dua, Jum'at (22/12/2023) ini di Jakarta.-SUMARSIH UNTUK RADARMAS-

Bertepatan dengan momen Hari Ibu. Sumarsih membuktikan bahwa seorang perempuan berdaya. Mampu berdiri di atas kakinya sendiri dan menginspirasi menebar manfaat untuk sesama. 

FIJRI RAHMAWATI, BANYUMAS

Namanya Sumarsih. Tapi, di kalangan warga Pasar Sumpiuh lebih populer disapa Cempreng. Istilah untuk menggambarkan suara nyaring dan melengking.

Telah 23 tahun lamanya, perempuan berkulit kuning langsat itu bertahan menjalani profesi sebagai pedagang. Mulanya, kuliner, olahan siap saji.

BACA JUGA:Wow, Harga Selembar Kain Sutera Attakas di Banyumas Capai Jutaan Rupiah

Lalu, omset berkembang menyediakan ke sembako dan bumbu dapur. Perjuangan dari seorang ibu rela banting tulang untuk mengukir masa depan cerah bagi buah hati tercinta.

"Saya single parent yang memiliki empat anak," ujar perempuan yang berulang tahun pada 7 Januari mendatang, Jum'at (22/12/2023).

Perempuan yang masih terlihat gurat cantik di usia 52 tahun itu terlahir di keluarga besar. Putri ke tiga dari sebelas bersaudara. Berkat cemprengnya, Sumarsih didapuk sebagai Humas Paguyuban Pedagang Pasar Sumpiuh.

BACA JUGA:Kantong Parkir Banyumas Kota Lama Disiapkan

Piawai berkomunikasi, supel, enerjik dan tangguh. Kiprah perempuan kelahiran 1971 itu sebagai Humas Paguyuban Pedagang Pasar Sumpiuh telah menciptakan iklim kondusif. Bahkan saat kondisi ekonomi sosial terpuruk dihantam pandemi corona virus.

Paguyuban Pedagang Pasar Sumpiuh menyokong suksesnya program Pasar Siaga Candi. Langkah konkrit menekan penyebaran virus corona di pasar, tempat kerumunan yang diizinkan tetap operasional.

Dalam perkembangannya, pedagang Pasar Sumpiuh tidak lagi hanya fokus mendulang rupiah. Melebar pada kegiatan sosial kemanusiaan, kerja sama lintas sektoral, mempererat tali kekeluargaan pedagang dalam wadah paguyuban.

BACA JUGA:Underpass Jenderal Soedirman Purwokerto Penuh Coretan

"Kami di pasar rutin olahraga senam. Di hari kemerdekaan RI mengadakan acara. Koordinasi dengan paguyuban pasar rakyat lain, insyaallah selalu kami lakukan. Rutin menyalurkan donasi," papar perempuan berkaca mata itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: