7 Jenis Olahraga untuk Lansia dan Manfaat Kesehatannya

7 Jenis Olahraga untuk Lansia dan Manfaat Kesehatannya

7 Jenis Olahraga untuk Lansia dan Manfaat Kesehatannya-Freepik-

BACA JUGA:Waktu yang Tepat untuk Olahraga Yoga, Begini Penjelasan Lengkapnya!

6. Yoga

Yoga bertujuan untuk melatih fokus pikiran dan pernapasan. Selain memberikan manfaat fisik, yoga juga dapat meningkatkan kesehatan mental lansia, mengurangi risiko stres dan depresi.

7. Latihan keseimbangan

Dengan menua, penurunan keseimbangan tubuh menjadi umum dan dapat meningkatkan risiko cedera. Latihan keseimbangan, seperti berdiri dengan satu kaki atau berjalan jinjit, dapat mengurangi risiko jatuh saat beraktivitas.

Selain opsi olahraga untuk lansia yang telah disebutkan, Anda dapat tetap aktif dengan berinteraksi bersama cucu atau berkebun. Meskipun demikian, untuk menjaga keamanan, disarankan untuk memiliki pendamping dari keluarga saat beraktivitas fisik.

Selain itu, penting juga untuk lebih berhati-hati dalam memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi kesehatan Anda. Terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit jantung atau arthritis.

Sehingga, bagi mereka yang sudah mencapai usia lanjut dan memiliki riwayat masalah kesehatan, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memilih jenis olahraga untuk lansia yang aman dilakukan. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: