Kasus Covid-19 Meningkat , Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kembali Menerapkan Penggunaan Masker

Kasus Covid-19 Meningkat , Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kembali Menerapkan Penggunaan Masker

Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali menerapkan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan kembali menerapkan peraturan wajib masker di sekitar lingkungan bandara menyusul adanya kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten menyebut bahwa penerapan kembali protokol kesehatan yang akan diterapkan yakni penggunaan masker di seluruh lingkungan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
 
Aturan ini kembali diterapkan karena  beberapa negara ASEAN yang kembali terserang virus covid-19 lagi, contohnya seperti Singapura dan Malaysia.
 
Penerapan peraturan tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang Naning Nugrahini di Tangerang pada hari Senin 11 Desember 2023.
 
 
"Di seluruh lingkungan bandara akan kembali diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga kebersihan tangan," ujar Naning.
 
"Selain itu,Semua maskapai penerbangan juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.
 
Demi mencegah penyebaran virus Covid-19 kembali meningkat di Indonesia, pihak bandara juga sudah menyediakan berbagai layanan kesehatan seperti posko dan klinik di seluruh area Bandara.
 
Jadi, jika nantinya ditemukan adanya gejala covid bisa langsung ditangani secara cepat agar tidak menyebar.
 
 
"Kita kembali memperketat pengawasan terhadap penumpang pesawat, baik itu dari dalam negeri maupun luar yang masuk ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta," ungkap Naning.
 
Penerapan penggunaan masker kembali di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini jelas menjadi suatu kepentingan yang harus dilakukan, apalagi menjelang hari libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang pasti akan banyak wisatawan menuju Bandara ini.
 
Wamenkes Dante Saksono menegaskan bahwa kasus Covid yang kembali muncul di Indonesia saat ini masih dalam kondisi aman terkendali.
 
Meskipun kasus wabah Covid-19 kembali menyerang Indonesia dan kenaikannya mulai terlihat, tapi Dante mengatakan kasusnya masih bisa dikendalikan oleh pemerintah dan tenaga kesehatan.
 
 
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dante Saksono saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari Senin 11 Desember 2023.
 
"Semua masih terkendali," ujar Dante.
 
Sejauh ini, kata Dante, masih belum akan menerapkan terkait aturan pembatasan mobilitas masyarakat.
 
Meskipun natal dan tahun baru mulai mendekat, mobilitas masyarakat masih normal seperti biasa.
 
Dante mengungkap kenaikan kasus Covid-19 sampai dengan saat ini kenaikannya masih belum terlalu tinggi dan masih bisa untuk diatasi.
 
"Tidak ada sih. Masih belum terlalu signifikan kenaikannya," ungkap Dante.
 
 
Stok vaksin menutur Dante sejauh ini masih tercatat aman karena stoknya berjumlah sekitar 4,1 juta.
 
"Sekarang kita masih punya 4,1 juta vaksin. Masih bisa dipakai," papar Dante.
 
Meskipun kasus Covid-19 belum terlalu signifikan, keputusan penerapan penggunaan masker diambil dengan pertimbangan serius terhadap kesehatan masyarakat dan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. 
 
Bandara Soekarno-Hatta, sebagai pusat transportasi udara utama, memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan kesehatan publik, serta memastikan kelancaran perjalanan udara di tengah kenaikan kasus Covid -19 di Asia Tenggara.
 
Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama dan patuh terhadap protokol kesehatan yang diterapkan untuk menjaga keamanan bersama. (dda)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: