Capaian Vaksinasi Booster Kedua di Banyumas Masih di Bawah 2 Persen

Capaian Vaksinasi Booster Kedua di Banyumas Masih di Bawah 2 Persen

Dengan diambilnya stok vaksin Covid-19 pekan ini, Dinkes Banyumas mendorong masyarakat termasuk para calon jemaah haji tahun 2024 untuk booster sampai dosis kedua.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Data Dinas Kesehatan Banyumas, capaian vaksinasi Covid-19 booster kedua di Kabupaten Banyumas sampai bulan ini masih dibawah dua persen.

Sub Koordinator Surveilans, Imunisasi dan Kejadian Luar Biasa (KLB) Dinas Kesehatan Banyumas, Achmad Chairul Hamdi SKM MKM mengatakan, untuk data capaian vaksinasi Covid-19 sampai saat ini masih terus diupdate. Sementara untuk capaian dosis I, Kabupaten Banyumas sudah sebesar 87,25 persen.

Dari total sasaran dosis I sebanyak 1.556.869 jiwa, yang sudah mengikuti vaksinasi 1.358.347 jiwa. Sementara untuk dosis II, dari sasaran sebanyak 1.556.869 jiwa sebanyak 1.241.651 jiwa sudah mengikuti vaksinasi.

"Boster I sudah 509.286 jiwa atau 41,22 persen dan booster II baru 22.165 atau 1,79 persen. Sasaran penerima vaksin untuk booster lebih sedikit sebanyak 1.235.428 jiwa," katanya. 

BACA JUGA:Kasus Covid-19 di Indonesia Kembali Naik, di Banyumas Masih Nihil Kasus Covid-19

BACA JUGA:Retribusi Tera Ulang Dihapus Tahun Depan, Ratusan Juta Pendapatan Daerah Hilang

Hamdi menjelaskan, setelah vaksin jenis Inavac sebanyak 2.000 dosis tuntas diambil pekan ini. Vaksinasi booster di seluruh puskesmas wilayah Banyumas dapat kembali berjalan bagi yang usia 18 tahun ke atas. Untuk yang berusia dibawah 18 tahun, sementara booster belum dapat berjalan karena masih kosongnya stok Pfizer.

"Untuk usia 18 tahun ke atas booster semua bisa dengan Inavac," terang dia.

Dilanjutkan, selain booster pada masyarakat umum, pihaknya bakal mengalokasikan sebagian vaksin Inavac yang pekan ini diambil dari provinsi untuk booster calon jemaah haji yang bakal berangkat tahun 2024. Diwajibkan atau tidak oleh Arab Saudi, seluruh calon jemaah haji tetap didorong agar lebih banyak yang sudah vaksinasi Covid-19 sampai booster kedua.

"Masih cukup waktu mendorong jemaah sampai booster kedua," pungkas Hamdi. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: