Tempat Kuliner Opor Entok di Magelang yang Menggugah Selera

Tempat Kuliner Opor Entok di Magelang yang Menggugah Selera

Tempat Kuliner Opor Entok Di Magelang yang Menggugah Selera!-Traveloka-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pada umumnya, sajian opor dikenal menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Namun, berbeda dengan kebanyakan olahan kuliner, di kota yang terletak di kaki Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah, terdapat sebuah hidangan yang unik dengan bahan dasar enthok. Opor enthok menjadi primadona kuliner khas yang tak terlewatkan saat momen Lebaran tiba.

Enthok, sejenis unggas yang masih dalam keluarga yang sama dengan bebek, menjadi bahan utama dalam hidangan kulinernya. Olahan opor enthok menjadi bagian yang akrab bagi masyarakat Magelang. 

Meskipun bahan pembuatannya mirip dengan opor ayam, mulai dari rempah-rempah yang beragam, kaldu, hingga santan, yang membedakannya adalah penggunaan daging enthok yang memberikan cita rasa tersendiri.

Menjelang Hari Raya Idulfitri, opor enthok menjelma menjadi hidangan utama yang dinanti-nanti di Magelang. Saat bersama keluarga dan rekan-rekan, hidangan ini menjadi magnet yang mengundang selera untuk dinikmati bersama-sama.

BACA JUGA:Lontong Opor Pak Mul Legendaris! Sandiaga Uno Pernah Kesini

BACA JUGA:Destinasi Kuliner Sate Martawi Paling Enak di Cilacap

Dengan keunikan bahan dasarnya dan sentuhan rempah yang khas, opor enthok Magelang bukan sekadar hidangan, melainkan juga potongan kearifan lokal yang dijaga dan dirayakan oleh masyarakat setempat.

Resep Opor Entok Magelang

Berbeda dengan opor ayam pada umumnya, hidangan ini meciptakan kelezatan entok yang diolah dengan rempah-rempah khas. Ingin menikmati sajian istimewa ini di rumah? Berikut adalah resep yang dapat Anda ikuti untuk membuat Opor Entok Magelang paling enak:

1. Bahan-bahan:

- 1 kg Entok, potong kecil

- 1700 ml Santan kental

- 200 ml Santan encer

- 2 sendok makan Air jeruk nipis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: