Ini Keuntungan Jika Peningkatan Jalan Baturraden-Serang-Belik Selesai Dibangun

Ini Keuntungan Jika Peningkatan Jalan Baturraden-Serang-Belik Selesai Dibangun

Subkoordinator Pembangunan Jalan DPU Kabupaten Banyumas Rusli Kurnia. -AAM/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Tiga kabupaten yaitu Banyumas, Purbalingga, dan Pemalang sudah membuat kesepakatan bersama. Kesepakatan itu soal peningkatan akses Baturraden - Serang -   Belik dengan total panjang 30 km, jika nanti tuntas tertangani maka akan membawa dampak signifikan bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi di tiga kabupaten tersebut. 

"Dulu pernah direncanakan bareng butuh Rp 89,6 miliar untuk peningkatan Baturraden -  Serang - Belik," kata Subkoordinator Pembangunan Jalan DPU Kabupaten Banyumas Rusli Kurnia. 

Ia menuturkan, untuk Kabupaten Banyumas tahun ini sudah menuntaskan kewenangannya dalam peningkatan ruas Baturraden-Serang. Kewenangan Kabupaten Banyumas menangani 6,5 km. 

BACA JUGA:Pemeriksaan Keamanan dan Kenyamanan Objek Wisata Sambut Libur Nataru, Dinporabudpar Baru Cek 59 Obwis

"Baturraden - Serang itu panjangnya 14,5 km, Serang - Belik 15,5 km," ucapnya. 

Lanjut, peningkatan jalan yang menghubungkan tiga kabupaten itu akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa menekan waktu tempuh. 

"Bisa memotong waktu perjalanan sampai waktu 1 jam," paparnya. 

BACA JUGA:Kerap Semrawut, Dinhub Pembinaan Parkir Kutasari

Dengan demikian ia menjelaskan, akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan kawasan wisata yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, dan Pemalang. 

"Bukan hanya wisata saja. Tapi ekonomi secara keseluruhan akan diuntungkan. Memangkas waktu tempuh satu jam itu cukup signifikan dalan memperlancar distribusi badang dan jasa," tuturnya. 

Meski telah membuat kesepakatan bersama soal eksekusi peningkatan jalan ia sebut, merupakan kebijakan dan skala prioritas masing-masing kabupaten tersebut. 

BACA JUGA:Baut Belum Terkirim, Besi Baja Bentang Jembatan Wika Belum Bisa Dipasang

"Banyumas tuntas tahun ini. Kabupaten Pemalang sudah mulai melangkah, tinggal menunggu dari Purbalingga," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: