Lebih dari Sepekan, Stok Darah Golongan O dan AB di UDD PMI Purbalingga Krisis

Lebih dari Sepekan, Stok Darah Golongan O dan AB di UDD PMI Purbalingga Krisis

Donor darah massal yang dilaksanakan masyarakat di Kabupaten Purbalingga.-DOK ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Lebih dari sepekan terakhir, stok darah golongan O dan AB di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten PURBALINGGA, mengalami krisis.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala UDD PMI Kabupaten Purbalingga dr Mey Dian Intan Sari kepada Radarmas, Senin, 6 November 2023.

"Penyebab kritisnya stok darah golongan O dan AB di UDD PMI Kabupaten Purbalingga masih sama. Yakni, karena adanya permintaan yang naik, serta jumlah pendonor yang minim," ungkapnya.

BACA JUGA:Rangka Baja Baru Diproduksi, Jembatan Wika Purbalingga Berpotensi Putus Kontrak

Diketahui, pendonor golongan AB sangat jarang. Sehingga, menurunnya jumlah pendonor akan langsung mempengaruhi stok di UDD PMI Kabupaten Purbalingga.

Berdasarkan, data yang dihimpun Radarmas, krisis darah golongan O dan AB, terjadi sejak 28 Oktober 2023 lalu. Krisis darah masih terjadi hingga Senin, 6 November 2023.

Data terakhir stok darah golongan AB sudah masuk kategori merah atau krisis. Karena hanya tersedia empat kantong. Krisis golongan darah AB bahkan sudah terjadi sejak awal Oktober 2023.

BACA JUGA:Tahun 2024, Dua Jenis Retribusi Ini Resmi Ditiadakan

Sedangkan, stok darah golongan sudah masuk kategori kuning atau hanya ada stok 29 kantong. Sebelumnya, masih berada di kategori kuning.

Diketahui, stok darah untuk golongan darah AB, sangat minim. Sebab, hanya bisa mencukupi kebutuhan darah kurang dari satu hari.

Idealnya stok darah golongan darah AB bisa mencukupi kebutuhan lebih dari lima hari. 

BACA JUGA:Tak Tuntas Matikan Bara Api dari Tungku Kayu, Rumah Milik Warga Sidasari Kecamatan Sampang Cilacap Terbakar

Sehingga, dia meminta kepada pendonor darah golongan AB yang sudah waktunya donor, untuk busa mendonorkan darah ke UDD PMI Kabupaten Purbalingga.

Harapannya kritisnya stok darah golongan AB teratasi. Serta, stok darah golongan tersebut, kembali normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: