Lahan Jati Milik Perhutani di Kecamatan Sidareja, Cilacap Terbakar, Penyebab Tidak Diketahui

Lahan Jati Milik Perhutani di Kecamatan Sidareja, Cilacap Terbakar, Penyebab Tidak Diketahui

Petugas gabungan dari Damkar, Forkompimcam dibantu masyarakat melakukan pemadaman lahan pohon jati milik Perhutani di Desa Kunci Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Kamis (12/10/2023).-UPT Damkar Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Lahan jati milik Perhutani seluas sekitar 7.000 meter persegi yang terletak di Desa Kunci, Kecamatan Sidareja, Kabupaten CILACAP, mengalami kejadian kebakaran pada Kamis (12/10/2023) sekitar pukul 14.00.

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi ketika dikonfirmasi Radarmas mengatakan, dari keterangan saksi, dia melihat lahan jati terbakar pada pukul 14.00 dan segera melakukan pemadaman secara manual bersama warga lainnya.

"Namun karena angin kencang, akibatkan kobaran api cepat merambat. Sehingga salah satu saksi melapor ke Pos Damkar Sidareja," katanya, Jumat (13/10/2023).

Menindaklanjuti adanya laporan, Pos Damkar Sidareja segera mengirimkan 4 orang petugas dengan 1 unit mobil pemadam berkapasitas 6000 liter air.

BACA JUGA:Angka Kejadian Kebakaran di Cilacap Naik, Kerugian Capai Rp 3,4 Miliar

BACA JUGA:Lahan Tempat Pembuangan Limbah Serbuk Aren di Wanareja, Cilacap Terbakar

"Respon kami 3 menit. Petugas kami segera bergabung dengan masyarakat serta Forkompimcam Sidareja yang turut andil dalam pemadaman kebakaran, untuk penyebab kebakaran hingga sekarang belum diketahui," lanjutnya.

Setelah proses pemadaman sekitar 2 jam, api berhasil dipadamkan dan segera ditindaklajuti dengan sosialisasi aplikasi Satkartaru SIAP dan nomor pos Damkar serta dilakukan imbauan-imbauan.

"Kita berikan imbauan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena masih dalam kondisi kemarau panjang. Pemicu sedikit saja biasanya akan menimbulkan kebakaran besar, terutama hutan atau lahan," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: