Lahan Tempat Pembuangan Limbah Serbuk Aren di Wanareja, Cilacap Terbakar

Lahan Tempat Pembuangan Limbah Serbuk Aren di Wanareja, Cilacap Terbakar

Petugas Damkar Cilacap berusaha memadamkan kebakaran lahan sebagai lokasi pembuangan limbah serbuk pohon aren, Senin (9/10/2023).-UPT Damkar Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Lahan tempat penampungan limbah serbuk batang pohon aren yang terletak di Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten CILACAP, terbakar. Penyebab kebakaran karena ada salah satu warga yang membakar lahan, hingga merambat mengenai limbah serbuk pohon aren.

Menurut keterangan saksi di lokasi kejadian, dia melihat kepulan asap tebal yang berasal dari sekitar tempat pembuangan limbah serbuk dari pohon aren.

"Setelah dilakukan pengecekan, kobaran api sudah membakar limbah serbuk dari pohon aren yang terletak pada lahan seluas sekitar 500 meter persegi," kata Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi, Selasa (10/10/2023).

Kejadian tersebut membuat warga panik dan khawatir merambat ke pemukiman, sehingga salah satu warga melapor ke Pos Damkar Majenang, dan segera ditindaklanjuti dengan mengirimkan 4 personil dibantu 2 orang relawan.

BACA JUGA:Angka Kejadian Kebakaran di Cilacap Naik, Kerugian Capai Rp 3,4 Miliar

BACA JUGA:Bakar Sampah Akibatkan Lahan Depan Kantor Pos Kroya Cilacap Terbakar

"Kita segera lakukan pemadaman menggunakan armada mobil pemadam berkapasitas 6.000 liter air, dibantu petugas dari Kepolisian dan TNI. Butuh waktu 2 jam hingga api berhasil dipadamkan," lanjutnya.

Sebagai prosedur tetap, dibagikan nomor pos Damkar serta sosialisasi Aplikasi Satkartaru SIAP berikut cara penggunaannya kepada masyarakat.

"Protap seperti sosilisasi aplikasi dan nomor pos damkar, serta kita berikan imbauan-imbauan agar meningkatkan kewaspadaan. Karena pada musim kemarau panjang seperti sekarang, angka kejadian kebakaran meningkat secara siginifikan," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: