Hutan di Wilayah Desa Panimbang Kecamatan Cimanggu, Cilacap Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

Hutan di Wilayah Desa Panimbang Kecamatan Cimanggu, Cilacap Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

Petugas gabungan bersama masyarakat tampak berusaha memadamkan api yang membakar wilayah hutan di Desa Panimbang Kecamatan Cimanggu, Selasa (3/10/2023).-Supriyadi untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Kebakaran hutan kembali terjadi di wilayah Desa Panimbang Kecamatan Cimanggu, Kabupaten CILACAP, Selasa (3/10/2023). Untuk penyebab Kebakaran, hingga saat ini belum diketahui.

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi mengatakan, lokasi kebakaran jauh dari pemukiman namun luasan area yang terbakar mencapai 2 hektare.

"Lokasi tidak dapat diakses oleh mobil pemadam, sehingga petugas pemadam dibantu Forkompimcam serta petugas BPBD dan Satpol PP bersama masyarakat memadamkan secara manual," katanya, Rabu (4/10/2023).

Awalnya, salah satu saksi yang merupakan warga setempat melihat asap tebal yang berasal dari tengah hutan ketika dilakukan pengecekan api sudah meluas dan saksi segera melapor ke Babinsa dan diteruskan ke semua unsur dan Pos Damkar Majenang.

BACA JUGA:Kejadian Kebakaran di Cilacap Meningkat, Januari-Agustus 2023 Ada 75 Kasus, Kerugian Capai Rp 2,9 M

BACA JUGA:Dua Hari, Tiga Kejadian Kebakaran di Cilacap

"Sekitar 4 jam petugas gabungan berhasil memadamkan api. Sekitar 20 petugas dari semua unsur terlibat dalam upaya pemadaman. Alhamdulillh tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat kejadian tersebut," lanjutnya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan serta dilarang membakar sampah dan membuang puntung rokok secara sembarangan.

"Musim kemarau panjang dapat memicu kebakaran, masyarakat dimohon waspada. Selain itu, kita sosialisasikan aplikasi Satkartaru SIAP beserta cara penggunaannya dan membagikan nomor pos damkar," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: