7 Instansi Pemerintah yang Buka Formasi CPNS Tanpa Syarat TOEFL

7 Instansi Pemerintah yang Buka Formasi CPNS Tanpa Syarat TOEFL

Ilustrasi Tes CPNS-Radar Banyumas-

Bagi yang ingin berkarir di sektor kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan, kemampuan berbahasa Inggris bukanlah persyaratan yang utama. Karena yang menjadi fokus seleksi yaitu pada kualifikasi dan keahlian di bidang kesehatan dan kedokteran. Pada seleksi CPNS 2023 ini, Kemenkes menyediakan lowongan untuk 154 formasi. Adapun persyaratan yang diwajibkan yaitu syarat pendidikan minimal S2 untuk jurusan-jurusan seperti Kesehatan Reproduksi, Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, dll. 

4. Kementerian Pertanian

Kementerian pertanian memiliki peran penting dalam menjamin ketahanan pangan serta pembangunan pertanian. Dalam hal ini, kemahiran berbahasa Inggris tidaklah menjadi prasyarat utama bagi mereka. Pada seleksi CPNS 2023 ini, Kementrian Pertanian membukan ratusan lowongan untuk menempati posisi PPPK. Lowongan tersebut dibukan untuk posisi seperti analis sumber daya manusia aparatur, analisis sarana prasarana pertanian dan masih banyak lagi.

5. Kementerian Perdagangan 

Kementeria Perdagangan merupakan instansi pemerintah yang memiliki fokus untuk mengatasi permasalahan terkait perdagangan. Walaupun kemahian bahasa Inggris bisa berperan dalam perdagangan di kancah internasional, namun kemahiran tersebut bukan menjadi syarat utama untuk beberapa posisi yang masih di tingkat pemula. Di tahun 2023 ini, 149 formasi PPPK dibuka oleh Kementerian Perdaganga. Adapun posisi yang disediakan yaitu analis hukum, pustakawan, analis investigasi, hingga pengaman perdagangan. 

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS BKKBN 2023 Dibuka untuk Lulusan SMA dengan Gaji Tinggi

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2023 Telah Dibuka! Inilah Jadwal dan Syaratnya

6. Mahkamah Agung

MA atau Mahkamah Agung yaitu lembaga tinggi negara yang memegang kekuasaan kehahiman di Indonesia. Untuk seleksi CPNS 2023 ini, MA membuka sebanyak 1.669 lowongan untuk formasi PPPK dan CPNS. Adapun posisi yang dibuka antara lain 1.644 formasi untuk posis Klerek, dan 25 formasi untuk posisi Ahli Pertama Pranata Peradilan. Posisi-poisis tersebut tidak menjadikan TOEFL menjadi syarat utama. 

7. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Instansi pemerintahan yang tidak memiliki syarat utama TOEFL yaitu BRIN. BRIN termasuk lembaga pemerintah yang berfokus pada urusan pemerintahan di bidang riset serta teknologi. Tahun ini, BRIN membuka 500 formasi untuk jabatan fungsional peneliti ahli muda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: