Masyarakat Pungut Sampah di Jalanan Kota dan Sepanjang Pantai Cilacap, Terkumpul Sampah hingga 1 Truk

Masyarakat Pungut Sampah di Jalanan Kota dan Sepanjang Pantai Cilacap, Terkumpul Sampah hingga 1 Truk

Sejumlah anak usia dini pungut sampah di Pantai Kemiren Cilacap-Hanadzil untuk Radarmas-

CILACAP,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Berbagai cara dilakukan masyarakat Kabupaten CILACAP untuk menjaga lingkungan. Seperti yang dilakukan ratusan masyarakat dengan membersihkan jalanan kota CILACAP dan sepanjang Pantai Kemiren hingga Pantai Tegalkamulyan CILACAP, Jumat (22/9/2023).

Mohammad Hanadzil, Leader World Clean Day Cilacap mengatakan, kegiatan tersebut merupakan puncak dari acara World Clean Day 2023. Dengan menggandeng 53 komunitas, diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya kebersihan lingkungan. 

"Kita fokus utama mengambil sampah plastik yang berserakan di jalan dan pantai. Kerena kita ketahui bersama bahwa plastik kerap bermuara di lautan yang semakin memperparah kondisi alam, merusak ekosistem lautan," kata dia.

Selain itu, untuk memupuk kecintaan lingkungan sejak dini, pihaknya juga melibatkan sejumlah anak usia dini sebagai aktualisasi peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta menjadi sarana memupuk nilai cinta kasih terhadap bumi. 

BACA JUGA:Kompetisi Liga 2, PSCS Cilacap Bertandang ke Pati, Targetkan Curi Tiga Poin Penuh

BACA JUGA:Angka Stunting di Cilacap Terus Menurun

"Kami mengajak anak-anak sekolah di karenakan ingin mengajarkan pemahaman tentang pentingnya merawat lingkungan dan pelestarian bumi sejak dini, diharapkan mereka tidak terlalu banyak menggunakan plastik sekali pakai," ujarnya.

Untuk sampah yang terkumpul sendiri sebanyak satu dump truk. Sampah-sampah tersebut mayoritas berasal dari sampah plastik. 

Pihaknya berharap kegiatan tersebut menginspirasi mansyakarat untuk bisa meminimalisir sampah hingga tidak sampai ke TPA. Apalagi produksi sampai rumah tangga yang sampai ke TPA sehari bisa mencapai 900 ton di Cilacap. 

"Kalau jalanan bersih akan enak dilihat. Kemudian jika pantai bersih juga akan membuat wisatawan lebih nyaman untuk datang berkunjung ke pantai di Cilacap ," kata Hanadzil. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: