Singkong, Raja Bahan Makanan Lokal di Banyumas

Singkong, Raja Bahan Makanan Lokal di Banyumas

Singkong Menjadi Bahan Dasar Berbagai Makanan Khas Banyumas -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Singkong atau yang sering disebut ubi kayu merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting di Indonesia. 

Singkong yang memiliki nama ilmiah Manihot Esculenta merupakan tanaman asli Amerika Tropis yang telah menyebar hingga ke seluruh dunia. Di Indonesia, singkong dikenal dengan nama 'ubi kayu' karena bentuk dari umbinya yang menyerupai ubi. Tanaman singkong ini memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya begitu populer di masyarakat, khususnya masyarakat Banyumas. 

Singkong termasuk tanaman yang masih bisa tumbuh dengan baik meski dalam kondisi tanah yang kekurangan air dan kering. Faktor inilah yang menjadikan singkong sangat cocok untuk ditanam di daerah pertanian yang memiliki musim kemarau panjang seperti di Banyumas. 

Tak hanya itu, singkong juga termasuk bahan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Maka tidak heran juga singkong sering diolah untuk makanan pokok karena sumber energi yang dihasilkan tinggi. 

BACA JUGA:Manfaatkan Singkong untuk Ketahanan Pangan, Warga di Klinting Produksi Mocaf

BACA JUGA:Tinjau Lahan Singkong dan Pengolahan Tepung Mocaf, Ganjar: Ini Praktik Menjaga Ketahanan Pangan Alternatif

Tak hanya itu, singkong pun bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan. Mulai dari dengan cara digoreng, direbus, dipepes, hingga diolah menjadi tepung singkong. 

Banyumas memiliki berbagai hidangan khas yang menggunakan singkong sebagai bahan utama, berikut beberapa olahannya.

1. Getuk Goreng

Di Banyumas, siapa yang tidak mengenal salah satu makanan khas ini. Getuk goreng merupakan makanan khas yang sangat ikonik di Banyumas. Getul goreng dibuat dengan bahan dasar singkong yang dikukus, kemudian diuleni dengan gula merah yang cair kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan. 

2. Gesret

Gesret atau kawut juga dibuat dengan bahan utama singkong. Caranya dengan memarut singkong dengan parutan khusus, kemudian dikukus bersama gula merah dan setelah matang ditaburi parutan kelapa. 

BACA JUGA:Resep Gesret, Jajanan Khas Banyumas yang Enaknya Bikin Ketagihan, Praktis dan Gampang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: