Manfaatkan Singkong untuk Ketahanan Pangan, Warga di Klinting Produksi Mocaf

Manfaatkan Singkong untuk Ketahanan Pangan, Warga di Klinting Produksi Mocaf

Warga yang tergabung dalam kelompok wanita tani di Desa Klinting melakukan praktek pembuatan mocaf, Rabu (19/7) sebagai upaya memaksimalkan potensi singkong yang terbilang melimpah.-Sri untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Singkong terbilang melimpah di Desa Klinting, Kecamatan Somagede. Namun, selama ini belum termanfaatkan secara maksimal.

Oleh karena itu, warga di Desa Klinting mencoba untuk mengolah singkong menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis dan tahan lama.

Sebanyak 48 orang yang tergabung dalam kelompok wanita tani, antusias mengikuti pelatihan pembuatan modified cassava flour (mocaf) di rumah Kepala Desa Klinting bersama PPL.

BACA JUGA:14 Desa Pastikan Pilkades Serentak, Dua Desa Tidak Ikut Serta, dan Satu Desa Masih Belum Ada Keputusan

Salah satu warga, Sri Wahyuningsih menyampaikan, peserta praktik pembuatan mocaf tidak ada yang hanya berpangku tangan. Semuanya bergerak bersama berbagi tugas.

"Di Klinting banyak tanaman singkong, berpotensi untuk produksi mocaf sebagai ketahanan pangan," ujar Sri, Kamis (20/7).

Program ketahanan pangan sedang digalakkan oleh pemerintah. Bahkan sejak pandemi covid-19 menjadi kebijakan prioritas untuk dilakukan di desa. Adapun pembuatan mocaf dengan mengoptimalkan potensi singkong menjadi selaras dengan program pemerintah.

BACA JUGA:Sepuluh Gunungan Hasil Bumi Meriahkan Satu Sura di Karanggedang

Sri menjelaskan cara memproduksi mocaf. Awalnya singkong ditimbang terlebih dahulu. Selanjutnya kulit singkong dikupas. Di saat bersamaan, sebagian warga menyiapkan tempat untuk mencuci singkong.

Sedangkan warga lainnya mengiris tipis singkong seperti bentuk untuk seriping. Irisan singkong ini disebut chips.

Lalu, chips dicuci kembali. Selanjutnya, chips singkong direndam dalam air yang dicampur dengan kapur sirih selama tiga kali 24 jam dengan penggantian air setelah 24 jam.

"Proses pembuatan mocaf masih berlanjut, baru sampai pada tahap perendaman," imbuh Sri.

BACA JUGA:Semangat Luar Biasa Para Perempuan Inspirator dalam Mencegah Stunting

Sejak beberapa waktu terakhir, Sri sudah menjajal membuat mocaf secara pribadi dan mandiri di rumahnya, sebagai upaya memanfaatkan singkong yang banyak ditanam di kebun.

Dengan memproduksi mocaf sendiri, terbukti dapat menghemat anggaran untuk kebutuhan dapur. Sebab, mocaf merupakan pengganti tepung terigu. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: