3 Kuliner Khas Banyumas Terpopuler yang Wajib Dicoba, Ada yang Sudah Dikenal Sampai Mancanegara

3 Kuliner Khas Banyumas Terpopuler yang Wajib Dicoba, Ada yang Sudah Dikenal Sampai Mancanegara

makanan khas Banyumas-Rafif Dian Axelingga-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Liburan di Banyumas tentu kurang lengkap kalau tidak mencicipi kuliner khas Banyumas.
 
Selain tempat wisatanya yang indah dan sejuk, di Banyumas juga memiliki kuliner khas Banyumas yang rasanya lezat. Bahkan ada yang dikenal sampai mancanegara.
 
Kalian yang ingin tahu apa saja kuliner khas Banyumas, akan dijabarkan di sini. Sayang jika melewatkan untuk menyantapnya ketika berkunjung ke Banyumas.
 
Rekomendasi Kuliner Khas Banyumas
 
 
Ada banyak kuliner khas Banyumas, tetapi di sini akan disampaikan tiga yang terpopuler. Dengan begitu Anda tidak bingung akan tujuan kuliner begitu sampai di Banyumas. Berikut di bawah ini rekomendasi tiga kuliner khas Banyumas terpopuler :
 
1. Soto Sokaraja
 
Soto Sokaraja sudah banyak dikenal sampai luar Banyumas. Hidangan soto yang satu ini berbeda dengan soto-soto di daerah lain.
 
Dan yang jadi ciri khas Soto Sokaraja yaitu kuahnya tidak bening, tetapi berwarna cokelat dan pekat karena ditburi bumbu kacang. Selain itu, penyajiannya juga ditambah irisan ketupat.
 
 
Sebagai pelengkapnya ada topping suwiran daging ayam atau sapi, jeroan, kerupuk, dan sambal kacang. Semakin lezat disantap ketika hangat.
 
Untuk menempuh Soto Sokaraja dari Pusat kota, Anda bisa menempuh perjalanan 15 menit. Berada di deretan tempat oleh-oleh khas Banyumas dan Getuk Goreng Sokaraja di Jalan Jend Sudirman, Sokaraja.
 
2. Getuk Goreng
 
Getuk Goreng termasuk salah satu kuliner khas Banyumas. Outlet Getuk Goreng yang terkenal sampai luar Banyumas yaitu Getuk Goreng Haji Tohirin. 
 
 
Beredar rumor bahawa Haji Tohirin merupakan pelopor makanan olahan berbahan dasar singkong ini. Anda yang suka makanan manis, getuk goreng ini sangat rokemended. Rasa manisnya berasal dari gula aren.
 
Untuk teksturnya renyah di luar, tetapi lembut di dalam. Ketika disantap dalam keadaan hangat, kerenyahan begitu terasa.
 
Seiring perkembangan waktu, rasa Getuk Goreng lebih bervariasi. Tidak hanya rasa original yaitu gula aren. Sekarang ada varian rasa lain seperti durian, cokelat, dan vanila,
 
Getuk Goreng Haji Tohirin bisa dibeli di outlet resminya yaitu di Jalan Suparjo Rustam, Dusun II, Sokaraja Kulon, Banyumas, jawa tengah.
 
 
Harga gethuk goreng Haji Tohirin ini masih terjangkau, dengan harga Rp 36.000 ribu/kg.
 
3. Mendoan
 
Kuliner khas Banyumas yang satu ini menjadi maskot kuliner lokal, dan sudah dikenal secara luas. Tidak hanya wisatawan lokal dan nasional yang gemar menyantap makanan ini. Bahkan wisatawan mancanegara juga mencari Mendan ketika berkunjung ke Banyumas.
 
Cita rasa mendoan sangatlah khas. Berbahan dasar tempe mendoan dan dibalur tepung, lalu digoreng dalam minyak panas dengan durasi tidak terlalu lama. Kepanjangan dari mendoan adalah mendo-mendo dipangan, berarti dimasak setengah matang dan disajikan dalam keadaan lembek.
 
 
Harga dari mendoan ini cukup relatif murah. Satu porsi sekitar Rp 10.000, biasana berisi 4 sampai lima mendoan ukuran sedang.
 
Mendoan mudah dijumpai di mana-mana dapat sobat kuliner cari di tempat-tempat wisata, seperti Baturraden, Alun-alun Banyumas atau Purwokerto. Makan mendoan wajib dimakan ketika masih panas ketika baru matang.
 
Itulah tiga kuliner khas Banyumas terpopuler yang ada di Banyumas yang harus dicoba ketika berkunjung ke Banyumas. Pastinya Anda tidak akan kecewa dan selalu merindukan Banyumas dari kuliner-kulinernya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: