Seekor Kera Peliharaan Lepas da Menyerang Warga, Damkar Turun Tangan

Seekor Kera Peliharaan Lepas da Menyerang Warga, Damkar Turun Tangan

Dua orang petugas Damkar tampak sedang berupaya mengevakuasi kera yang menyerang warga Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Kamis 10 Agustus 2023-Damkar Cilacap untuk Radarmas -

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Seekor kera peliharaan milik warga terlepas, hingga masuk rumah dan menyerang seorang seorang balita kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah. Balita tersebut terkena gigitan pada bagian kaki dan telinga.

Dari kesaksiaan pemilik rumah, saat kejadian, dia bersama cucu nya sedang duduk di ruang tengah rumahnya. Namun tiba-tiba seekor kera masuk ke rumah dan langsing menggigit kaki cucunya.

"Kera ini tadinya di kandang besi,tapi bisa melepaskan diri hingga masuk rumah warga," kata Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi, Jumat (11/8/ 2023).

BACA JUGA:Lahan Kosong Dekat Pemukiman Warga di Purwokerto Kidul Terbakar, Sumber Api Diduga dari Bakaran Sampah

Kera tersebut sangat agresif menyerang warga karena kemungkinan lama dikurung. Beruntung, pemilik rumah segera berteriak meminta pertolongan.

"Mendengar teriakan pemilik rumah, warga sekitar segera berdatangan dan berupaya menangkap kera tersebut," lanjut Supriyadi.

Karena panik, salah seorang warga menghubungi pos Damkar untuk meminta bantuan. Tiga orang petugas dan orang siswa PKL segera meluncur ke TKP, berbekal alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Warga berhasil mengamankan kera kemudian diserahkan ke pihak Damkar, lalu kita teruskan ke BKSDA untuk penanganan lanjutan," bebernya.

BACA JUGA:Kabupaten Cilacap Masih Kekurangan Pos serta Armada Damkar

Atas kejadian tersebut, petugas menghimbau pada masyarakat agar tidak memelihara hewan liar, apalagi yang dilindungi oleh pemerintah. Selain itu, jika melihat keberadaan hewan liar di pemukiman agar melapor ke petugas Damkar.

"Kita minta masyarakat tidak memelihara hewan liar yang berpotensi menyerang manusia. Selain itu kita sosialiasasikan Aplikasi Satkartaru SIAP serta kita bagikan nomor Pos Damkar," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: