Damkar Cilacap Evakuasi Ular Berbisa dari Rumah Warga di Kelurahan Karang Talun

Damkar Cilacap Evakuasi Ular Berbisa dari Rumah Warga di Kelurahan Karang Talun

Petugas Damkar Cilacap saat menunjukkan ular cobra jawa yang berhasil mereka evakuasi dari rumah warga, Minggu (5/5/2024).-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sunarni (44) warga Jalan Kantil Kelurahan Karang Talun, Kecamatan Cilacap Utara dibuat panik dengan keberadaan ular yang masuk ke dalam rumahnya pada Minggu (5/5/2024).

Diketahui ular berbisa jenis cobra jawa masuk ke dalam rumahnya sekitar pukul 15.00 WIB. Karena panik dan takut ia berinisiatif menghubungi petugas Damkar Cilacap.

"Pemilik rumah khawatir karena mengetahui ular tersebut berbisa dan dapat membahayakan sehingga lapor ke kami," kata Plt Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Satpol PP Cilacap, Supriyadi, Senin (6/5/2024).

Mendapatkan laporan Tim Rescue Damkar terdiri dari petugas Damkar dan Linmas, kemudian bergerak cepat menuju lokasi untuk mengevakuasi ular cobra tersebut. Petugas langsung melakukan penangkapan menggunakan alat tangkap dan Alat Pelindung Diri (APD). 

BACA JUGA:Puncak Musim Kemarau di Kabupaten Cilacap Diprediksi Terjadi Pada Juli 2024

BACA JUGA:Cilacap Targetkan 20 Medali Emas Pada Pra Popda Banyumas 2024

"Kita lakukan observasi terlebih dahulu, 10 menit berselang ular jenis cobra jawa dengan panjang sekitar 1 meter berhasil diamankan," lanjutnya.

Setelah dievakuasi, ular berbisa tersebut kemudian diamankan menggunakan karung lalu dibawa petugas ke Pos Damkar lalu akan dilepas liarkan ke habitatnya.

Dalam kesempatan tersebut, Supriyadi mengimbau kepada warga masyarakat di Cilacap agar segera melapor apabila terjadi hal-hal yang membahayakan di sekitar kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi apikasi Satkartaru SIAP.

"Kami dari Damkar tidak hanya menangani masalah kebakaran saja, namun juga non kebakaran seperti tangkap ular, tawon dan lainnya," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: