Kabupaten Cilacap Masih Kekurangan Pos serta Armada Damkar

Kabupaten Cilacap Masih Kekurangan Pos serta Armada Damkar

Sejumlah armada yang terparkir di Pos Damkar Cilacap, saat ini Cilacap masih membutuhkan tambahan armada dan Pos Damkar, Selasa 4 Juli 2023.-Julius Purnomo/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kabupaten Cilacap masih mengalami kekurangan Pos Pemadam Kebakaran (Damkar), mengacu pada luasan wilayah serta banyaknya penduduk.

Saat ini UPT Damkar di bawah naungan Satpol PP Cilacap itu baru memiliki 3 Pos Damkar yang terletak di Cilacap, Kroya, dan Sidareja. Sementara idealnya harus ada 7 pos Damkar.

"Kita masih kekurangan pos Damkar, idealnya untuk mengampu luas wilayah serta jumlah penduduk mestinya kita harus punya 7 Pos," Kata Kepala Satpol PP Cilacap, Luhur Satrio Muchsin, Selasa (4 Juli 2023).

BACA JUGA:Cilacap Potensial Penghasil Ikan, Tetapi Angka Konsumsi Ikan Masih Rendah

Saat ini akan dibangun 1 pos untuk mengampu wilayah Majenang, dengan menempati lahan milik Pemkab yang tinggal menunggu penerbitan izin.

"Dari APBD nanti akan kita bangun Pos Damkar di Majenang, anggaran sudah siap tinggal menunggu penebitan izin dari dinas terkait," tegas Luhur.

Selain jumlah Pos Damkar yang masih kurang, Luhur pun mengakui bahwa armada yang dimilikinya pun masih kurang. Idealnya ada penambahan 3 atau 4 armada lagi.

BACA JUGA:Tergiur Proyek Fiktif Pengadaan Furniture di Setjen MPR/DPR RI, Seorang Wanita Tertipu Ratusan Juta Rupiah

"Karena keterbatasan anggaran, kita harus maksimalkan jumlah armada yang ada, selain itu jumlah personil pun kita masih kurang. Akan tetapi hal itu tidak akan menyurutkan semangat untuk melayani masyarakat," tegasnya.

Untuk antisipasi jumlah personil, pihaknya akan mengoptimalkan relawan pemadam kebakaran yang saat ini tersebar hampir di masing-masing Kecamatan. Mereka dibekali dengan teknik yang dimiliki oleh petugas pemadam kebakaran.

BACA JUGA:Ganjar Tinjau Rumah Slamet, Warga Terdampak Gempa di Tegal

"Saat ini kan laporan dari aplikasi Satkartaru SIAP banyak sekali yang masuk, baik itu kebakaran dan penyelamatan non kebakaran, nah para relawan ini sangat membantu kita jika harus ada penanganan terutama di wilayah pinggiran, mereka dapat menangani," pungkas Kasatpol. (Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: