Pemkab Cilacap Tetapkan 74 Calon Paskibra untuk Upacara Perayaan HUT Ke-78 Ke-78

Pemkab Cilacap Tetapkan 74 Calon Paskibra untuk Upacara Perayaan HUT Ke-78 Ke-78

Para peserta calon Paskibraka saat menjalani seleksi di Stadion Wijaya Kusuma, Selasa 07 Maret 2023.-Agus Mubarok untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 74 calon pasukan pengibar bendera (Paskibra) dipersiapkan untuk upacara perayaan HUT Ke-78 RI di Kabupaten Cilacap. Di mana untuk penyaringan anggota Paskibra tersebut dimulai sejak bulan Maret 2023.

Kepala Bidang Kepemudaan Dinporapar Kabupaten Cilacap, Agus Mubarok mengatakan, pihaknya sudah mulai melaksanakan penjaringan peserta sejak bulan Maret, diikuti oleh 530 peserta dari SMA/SMK se-Kabupaten Cilacap.

"Kita mulai penjaringan sejak bulan Maret, dan yang lolos hingga tahap akhir sebanyak 74 calon, dengan rincian 39 Putri dan 35 Putra," jelasnya pada Radarmas , Selasa (25 Juli 2023).

BACA JUGA:960 Pegawai P3K Cilacap Terima Surat Keputusan Pengangkatan

Sebanyak 430 peserta harus melalui serangkaian tes seperti tes kesamaptaan, tes kepribadian, tes wawasan kebangsaan, serta ideologi Pancasila yang dilaksanakan secara ketat.

"Setelah melalui serangkaian tes, terjaring 74 peserta yang akan memulai melalukan pelatihan pemantapan mulai tanggal 30 Juli mendatang," lanjut Agus.

Agus mengatakan, untuk materi pemantapan meliputi beberapa hal yaitu sisi fisik, mental, dan keterampilan baris-berbaris, sehingga pada pelaksanaan upacara peringatan HUT RI dapat maksimal.

"Banyak materi yang akan didapat, seperti materi dari PJ Bupati atau Sekda Cilacap, dari Polres, BNN, Kodim, Badan Kesbangpol, dan dari Disporapar," terangya.

BACA JUGA:Empat Siswa-Siswi MAN 2 Banyumas Maju KSM Tingkat Provinsi

Agus berharap, para Paskibra yang terpilih agar dapat menjalankan tugas dengan penuh kedisiplinan serta tanggung jawab. Menjadi Paskibra bukan sekedar memiliki fisik yang mumpuni akan tetapi mental dan kepribadian menjadi faktor utama.

"Mereka yang terpilih merupakan yang terbaik, sehingga kita meminta mereka melaksanakan tugas itu dengan penuh tanggung jawab," pungkasya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: