750 Nelayan Cilacap Laksanakan Upacara Kemerdekaan di Tengah Laut

750 Nelayan Cilacap Laksanakan Upacara Kemerdekaan di Tengah Laut

Deretan kapal nelayan dengan atribut bendera merah putih di tengah laut Cilacap menyemarakkan upacara kemerdekaan ke-78 RI, Kamis (17/8/2023)-Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Ratusan bendera merah putih berkibar di Dermaga 3 Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC), pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Meski cuaca gerimis dan ombak air laut yang sedang tinggi, tidak menyurutkan semangat para nelayan untuk melakukan upacara kemerdekaan di tengah laut. 

Dengan khidmat, 750 nelayan di Cilacap menyanyikan lagu Indonesia Raya serta memberikan penghormatan kepada bendera pusaka. 

"Kita melaksanakan upacara detik-detik kemerdekaan RI bersama instansi terkait. Ada Pangkalan Angkatan Laut (Lanal), PPSC, dan ratusan nelayan yang dilaksanakan di tengah laut," kata Kasat Polairud Polresta Cilacap, AKP Huda Syafii. 

BACA JUGA:Penganut Aboge Sumpiuh Lakukan Upacara Kemerdekaan RI yang Sarat Tradisi

BACA JUGA:Pemkab Purbalingga Gelar Pawai Budaya, Ini Rute dan Rekayasa Lalu Lintasnya

Huda mengatakan, upacara kemerdekaan di tengah laut ini baru pertama dilaksanakan di wilayahnya. Diharapkan dengan kegiatan upacara ini, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri nelayan Kabupaten Cilacap. 

"Saat ini melakukan upacara bersama untuk menumbuhkan kecintaan kepada Indonesia. Karena mereka mencari ikan berbatasan dengan negara lain Australia. Kita juga bagikan bendera merah putih sebanyak 1.000 bendera secara bertahap," katanya.

Huda menuturkan, para nelayan juga sengaja memberhentikan aktivitas melaut, untuk memberikan penghormatan kepada bendera merah putih sekaligus detik-detik proklamasi

"Sementara mereka mau berangkat melaut berhenti dahulu untuk mengikuti upacara dan penghormatan kepada bendera sekaligus detik-detik proklamasi," kata Huda. 

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Internasional UMP Peringati Kemerdekaan RI di Kualalumpur

BACA JUGA:Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Bekasi Asal Purbalingga? Begini Kata Kapolres Purbalingga

Huda menambahkan, pihaknya juga menyiapkan rumah apung nelayan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rumah apung tersebut dapat dipergunakan untuk nelayan luar yang hendak beristirahat di perairan Cilacap.

Sementara itu, Ketua HNSI Cilacap, Sarjono mengatakan, antusiasme para nelayan Cilacap sangat tinggi dalam mengikuti upacara itu. Bahkan rata-rata baru pertama kali mengikuti upacara di tengah laut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: