14 Desa Pastikan Pilkades Serentak, Dua Desa Tidak Ikut Serta, dan Satu Desa Masih Belum Ada Keputusan

14 Desa Pastikan Pilkades Serentak, Dua Desa Tidak Ikut Serta, dan Satu Desa Masih Belum Ada Keputusan

Spanduk penolakan penundaan Pilkades yang terpasang di sudut lapangan Desa Datar, Kecamatan Sumbang, Senin (17/7/2023). Desa Datar Sumbang belum memastikan kontestasinya dalam gelaran pilkades serentak di Kabupaten Banyumas.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pilkades serantak untuk 17 Desa di Kabupaten Banyumas masih dalam pembahasan. Sejauh ini, sudah ada 14 kades yang menyatakan siap melaksanakan pilkades serentak.

Sedangkan sisanya, dua sudah menyatakan sikap untuk tidak akan maju dan akan menghabiskan hingga masa akhir jabatan Desember nanti. Sedangkan satu, masih belum memutuskan.

Sebab jadwal berdekatan dengan Pileg, maka skenario pilkades serentak tahun ini harus lebih awal dari masa akhir jabatan. Sehingga jika dilakukan pilkades serentak, maka 17 kades akan terpotong masa jabatannya selama satu bulan.

 

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas, Bambang Junaidi mengatakan, dari 17 Desa tersebut untuk Desa Kebanggan dan Desa Sokaraja Tengah dipastikan tidak akan maju.

"Surat keputusan sudah diserahkan ke kami. Artinya, dua kades ini akan menyelesaikan tugas hingga akhir masa jabatan," kata dia.

Sementara itu, kepemimpinan dua desa tersebut nantinya akan diteruskan melalui PJ Kades yang berasal dari PNS hingga Pilkades sekitar bulan Juli 2025.

 

Sedangkan untuk Desa Datar, masih belum ada keputusan. "Rencananya, Kamis (20/7) akan ada pernyataan sikap akhir oleh Kades Datar di Kecamatan Sumbang. Ditempatkan di Kecamatan, agar netral," ujar dia.

Sebelumnya, Bupati Banyumas telah mengundang 17 kades yang bersangkutanm Rapat koordinasi tersebut telah terlaksana, Jumat (14/7) di Ruang Sasana Wilis komplek rumah dinas bupati.

Sedangkan pada Sabtu (15/7) malam, Bupati kembali mengundang BPD dan tokoh masyarakat dari 17 Desa tersebut. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: