Dosen Universitas Amikom Purwokerto Beri Pelatihan IoT Bagi Siswa SMKN Kutasari

Dosen Universitas Amikom Purwokerto Beri Pelatihan IoT Bagi Siswa SMKN Kutasari

Pelatihan pembelajaran IOT berbasis ESP8266 yang diselenggarakannya oleh Dosen Universitas Amikom Purwokerto, Darso, ST MT, bagi siswa di SMKN Kutasari Purbalingga awal tahun ini-Humas Amikom untuk Radarmas-

PURWOKERTO - Merespon perkembangan teknologi internet yang akhir-akhir ini menjadi topik perbincangan di kalangan penggiat industri Information Technologi (IT), Dosen Elektronika Digital dan Mikroprosesor Universitas Amikom PURWOKERTO, Darso, ST MT memberi pelatihan pembelajaran Internet of Think (IOT) berbasis ESP8266 bagi siswa di SMKN Kutasari, Purbalingga.

Darso mengatakan dengan IoT memungkinkan setiap barang (things) yang dimiliki dapat terhubung ke internet sehingga dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan smartphone bahkan hanya dengan perintah suara.

"Perkembangan aplikasi berbasis IOT yang Inovatif dan kreatif dapat kita jumpai dalam berbagai bidang. Salah satu sektor penting yaitu dunia pendidikan," katanya.

Darso menjelaskan bidang pendidikan merupakan pintu ilmu pengetahuan era industri 4.0. Maka dari itu siswa perlu senantiasa mengupdate berbagai pengetahuan, keahlian dan keterampilan demi masa depan.

Dukungan pemerintah dalam pengembangan teknologi IoT untuk mendukung penerapan konsep Smart City pada jenjang pendidikan terhadap generasi muda di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mempersiapkan lebih dini terhadap teknologi masa kini.

"Dan hal yang diperlukan untuk keberhasilan dalam belajar membuat produk IOT yang berkualitas dimulai dari mengenalkan, mempelajari sampai mengimplementasikannya," terang dia.

Adapun pelatihan pembelajaran IOT berbasis ESP8266 yang diselenggarakannya bagi siswa di SMKN Kutasari Purbalingga pada 10 Januari tahun ini guna menunjang pembelajaran siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian teknologi berbasis IOT. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: