400 Pendaki Penuhi Gunung Slamet Saat Libur Panjang di Awal Juni

400 Pendaki Penuhi Gunung Slamet Saat Libur Panjang di Awal Juni

Penuh : Suasana para pendaki di jalur pendakian Bambangan.-Foto Saeful Amri untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Libur Panjang awal Juni 2023 ini sangat berpengaruh pada jumlah pendaki yang ke Gunung Slamet melalui jalur pendakian Bambangan, Kutabawa Kecamatan Karangreja. Tercatat 400 pendaki memenuhi jalur gunung itu pada 1-2 Juni sore ini.

"Libur panjang dan cuaca yang bagus, menjadi faktor pendukung banyak orang mendaki gunung. Dua hari ini sudah masuk 400 lebih pendaki," kata pengelola Basecamp Gunung Slemet Bambangan Purbalingga, Saiful Amri, Jumat 2 Juni 2023 sore.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan data registrasi, rata-rata pendaki datang dari kota-kota besar. Misalnya Jakarta dan Surabaya. Meski begitu, untuk pendaki lokal, wilayah Banyumas Raya juga masih bertahan rutin hadir.

Saeful merinci, pada akhir pekan hari biasa, kunjungan kisaran 250-300 pendaki. Sabtu besok kami belum tahu angka pastinya. "Libur panjang di akhir pekan menjadi berkah tersendiri bagi pengelola," tegasnya.

Kemudian dari pantauan cuaca, di wilayah Kabupaten Purbalingga, khususnya di area lereng Gunung Slamet, beberapa pekan terakhir sangat bagus. Tidak turun hujan dan relatif cerah. Kondisi itu sangat mendukung untuk melakukan aktivitas pendakian. 

Pendakian Gunung Slamet lewat Bambangan, juga tergolong sangat familiar bagi pendaki. Trek yang relatif mudah dan jalur yang sudah sangat jelas, menjadi pendukung. Ditambah lagi, akses menuju basecamp yang mudah. 

"Kami mematok biaya sekali registrasi pendakian Rp 25 ribu per orang sekali pendakian. Jika dihitung angka, maka  normalnya memakan waktu  2 hari satu malam," katanya. (amr)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: