Semua MTs di Banyumas Miliki SK Pelaksana Kurikulum Merdeka

Semua MTs di Banyumas Miliki SK Pelaksana Kurikulum Merdeka

Semua MTs di Banyumas Miliki SK Pelaksana Kurikulum Merdeka-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Jelang tahun ajaran baru 2023/2024, semua Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Banyumas sudah memiliki Surat Keputusan (SK) pelaksana Kurikulum Merdeka.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, dalam seminar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5RA), yang diadakan oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Kabupaten Banyumas, Rabu (24/5).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, Dr H Ibnu Asaduddin, SAg, MPd melalui Kasi Penma, H Edi Sungkowo, MPd mengatakan, tujuan dilaksanakannya seminar P5RA untuk memberikan wawasan pengetahuan teori dan praktek tentang kurikulum merdeka, serta P5RA itu sendiri.

BACA JUGA:Bupati Minta Pengobatan dan Pendidikan Dasar ABK Gratis di Banyumas

Guru juga diajarkan mempersiapkan implementasi Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru mendatang, khususnya pada segmen P5RA.

"Dua orang guru dari setiap MTs ikut dalam seminar," katanya.

Edi mengingatkan, guru zaman sekarang wajib semakin adaptif dan kritis terhadap perkembangan setiap kurikulum. Guru harus memahami konsep dan prinsip-prinsip dalam pengmplementasian kurikulum, terutama Kurikulum Merdeka. Di imana semua MTs di Kabupaten Banyumas sudah diberi SK sebagai pelaksana Kurikulum Merdeka.

Selain itu, guru saat ini juga penting memahami kebijakan-kebijakan, baik di tingkat lokal maupun nasional.

BACA JUGA:Siswa MAN 2 Banyumas Raih Medali Perunggu KoSSMI Bidang Robotik 2023

"Tahun ajaran baru yang sudah di depan mata dan semakin dekat harus kita persiapkan benar-benar secara matang," ingat dia.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs, H Sudir Suhaib, MSi berharap, seluruh guru yang menjadi peserta seminar P5RA dapat memahami dan menguasai komponen-komponen pada Kurikulum Merdeka. Dengan demikian guru dapat membuat perangkat sesuai dengan aturan kurikulum terbaru saat ini.

BACA JUGA:FKDM Petakan Potensi Kerawanan di Kecamatan Sumpiuh Jelang Pemilu 2024

"Total ada 96  peserta seminar dari guru MTs negeri dan swasta di Banyumas," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: