PC NU Cilacap Tunggu Pentunjuk Resmi Rois Syuriah Terkait Dukungan dalam Pilkada 2024

PC NU Cilacap Tunggu Pentunjuk Resmi Rois Syuriah Terkait Dukungan dalam Pilkada 2024

Rois Syuriah PC NU Cilacap K.H. Su'ada Adzikiya (tengah) saat berikan pernyataan sikapPC NU Cilacap dalam kontestasi Pilkada 2024.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PC NU) Kabupaten Cilacap berikan instruksi tegas kepada seluruh pengurus NU hingga ke tingkat anak ranting untuk tidak berikan dukungan atau pilihan sebelum adanya petunjuk resmi dari Rois Syuriah NU Cilacap, Selasa (16/7/2024).

Instruksi tersebut dikeluarkan dalam rangka menjaga kesatuan dan kekompakan internal NU serta merapatkan barisan terkait pilihan politik dalam Pilkada 2024 mendatang.

"Keputusan dukungan politik harus melalui proses yang matang serta berdasarkan pentunjuk resmi dari para Kyai - kyai dan Rois Syuriah," kata Katib Syuriah PC NU Cilacap K. Abdal Malik, Selasa (16/7/2024).

Menurutnya, para kyai dan Rois Syuriah tersebut pasti akan melalui landasan spiritual serta Ijtihad yang mendalam dalam menentikan arah dukungan terutama politik.

BACA JUGA:Pemkab Banjarnegara Teruskan Upaya Pendampingan untuk 5.729 Anak Tidak Sekolah

BACA JUGA:PKB Dukung dr Amalia Desiana dan Wakhid Jumali sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara

"Kami ingin pastikan semua tindakan atau pernyataan anggota NU tetap sejalan dengan keputusan resmi petinggi kami di daerah yaitu Rois Syuriah," tandasnya.

Kemudian terkait Kader atau anggotan NU yang terlibat dalam kontestasi Pilkada 2024, pihaknya memastikan para Kader tersebut tidak merepresentasikan atau mengatasnamakan organisasi.

"Kader kita banyak yang berada di partai politik dan itu merupakan hak mereka, kita tidak bisa membatasi yang terpenting mereka tidak mengatasnamakan NU," tegasnya.

Sementara itu Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cilacap K.H. Su'ada Adzkiya mengatakan, pihaknya harus bersikap demikian dengan mendasari keputusan muktamar paling tidak 2 kali yaitu Muktamar di Krapak dan Lampung.

"Kami di daerah harus mengikuti petunjuk pengurus besar untuk menghadapi Pilkada 2024, karena kader kami banyak yang berkecimpung sehingga kami perlu menentukan sikap," tegasnya.

Meski demikian PC NU Kabupaten Cilacap tetap mendukung untuk pelaksanaan Pilkada 2024 secara jujur, adil serta transparan serta meminta masyarakat luas berpartisipasi aktif dalam proses pemilihan tersebut.

"Kita akan dukung semua elemen yang terlibat seperti KPU, Bawaslu dan masyarakat luas untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan dengan penuh tanggung jawan dan transparan," tutupnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: