Siswa MAN 2 Banyumas Raih Medali Perunggu KoSSMI Bidang Robotik 2023

Siswa MAN 2 Banyumas Raih Medali Perunggu KoSSMI Bidang Robotik 2023

Dua siswa MAN 2 Banyumas, Faiz Khoirul Fuadi dan Eka Erlangga Putra Syariful Hanan kembali mengharumkan nama madrasah dan Banyumas usai membawa pulang medali perunggu pada Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KooSSMI) 2023 di Universitas Indonesia pad-MAN 2 Banyumas untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Setelah meraih juara I ajang 11th World Robotic for Peace (WRP), yang diselenggarakan International Robotic Training and Competition (IRTC) di Universitas Teknologi Malaysia tahun lalu, bulan ini siswa MAN 2 Banyumas bernama Faiz Khoirul Fuadi dan Eka Erlangga Putra Syariful Hanan, membawa pulang medali perunggu pada Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KooSSMI) 2023 di Universitas Indonesia pada 18 hingga 20 Mei.

Dengan guru pendamping yaitu Toto Prasetyo dan Singgih Hutomo Aji, karya Faiz dan Eka berupa mesin pembaca uang yang diberi nama Robot PEORTA atau Penolong Tuna Netra, mampu menghantarkan Tim Robotik MAN 2 Banyumas sampai lolos seleksi KoSSMI.

Siswa Kelas XI MIPA 2 MAN 2 Banyumas, Faiz Khoirul Fuadi mengatakan Robot PEORTA sebatas mengantarkan Tim Robotik MAN 2 Banyumas sampai tahapan seleksi. Setelah lolos ke Jakarta, dalam pelaksanaan lomba, robot humanoid bernama Yanshee disiapkan oleh panitia. Peserta beradu program untuk mendapatkan nilai terbaik.

"Robot dari panitia merupakan robot kosong tanpa program. Dari panitia memberi tantangan agar robot dapat diperintahkan untuk sesuatu hal. Kemudian saya membuat coding untuk robot sesuai perintah panitia," katanya pada Radarmas, Selasa (23/5).

Faiz menjelaskan dari 20 SMA dan MA yang lolos mengikuti KoSSMI sampai ke Jakarta, MAN 2 Banyumas menjadi juara ketiga setelah SMA-IT Tunas Cendekia Mataram sebagai juara kedua dan MAN Metro Lampung untuk juara pertama. Dari 20 sekolah, MAN 2 Banyumas menjadi satu-satunya wakil dari Jawa Tengah. Adapaun Raihan nilai Faiz dan Eka ialah untuk babak penyisihan 98,3 dan babak 87 dengan total nilai 87,32.

"Alhamdulillah tidak ada kesulitan. Hanya saat lomba kami kurang teliti membaca perintah dari panitia sehingga nilai yang diperoleh tidak maksimal. Bersyukur masih dapat juara ketiga," ungkap dia.

Dari sekian banyak lomba Robotik, awalnya dirinya melihat ada pengumuman tentang KoSSMI, kompetisi tersebut dipandangnya sebagai peluang untuk mengembangkan potensi hingga akhirnya mengikuti seleksi dan lolos.

"Ke depan membuat riset untuk

Madrasah Young Researchers SuperCamp (MYRES) Tahun 2023. Masih tentang robotik juga," pungkas Faiz. 

Kepala MAN 2 Banyumas, H. Muhamad Siswanto, MPdI merasa bangga dan bersyukur atas prestasi Tim Robotik MAN 2 Banyumas di ajang lomba Robotik tingkat nasional tersebut. Kepala madrasah juga memberikan apresiasi dan berharap Robot Peotra hasil riset Faiz dan Eko dapat benar-benar membawa manfaat khususnya dalam membantu kaum tuna netra.

"Madrasah harus terus memiliki daya dorong dan melakukan loncatan dalam kemajuan melalui prestasi dan hasil riset yang bermanfaat. Lembaga pendidikan harus senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan untuk konstribusi kepada nusa, bangsa dan agama," pesannya. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: