Talud Ambruk, Rumah Warga Pagedongan Tertimpa Longsor

Talud Ambruk, Rumah Warga Pagedongan Tertimpa Longsor

LONGSOR : Kondisi rumah warga setelah tertimpa longsor talud pengaman mushola yang ambruk akibat hujan lebat.-RAPI Banjarnegara untuk Radarmas-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Talud penahan bangunan mushola ambruk, Akibatnya sebuah rumah milik warga rusak tertimpa material longsor. Tak hanya itu, akibat kejadian ini, seorang penghuni rumah mengalami luka ringan.

Kejadian ini bermula saat wilayah Banjarnegara dilanda hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari 3 jam. Sekitar pukul 19.30 WIB pada Minggu (7/5) malam, talud penahan bangunan musala yang ada di Dusun Belokan, RT 03 RW 09 Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan ambruk dan menimpa rumah warga. 

Material longsoran menerjang tembok rumah milik Muhammad Hanifudin hingga jebol dan menimpa keluarganya sampai mengalami luka ringan. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Korban luka juga sudah mendapatkan penanganan medis.

BACA JUGA:Terkendala Sistem, PKS Tunda Pendaftaran 50 Bacaleg ke KPU Purbalingga Hari Ini

Koordinator Relawan Banjarnegara, Tejo Sumarno mengatakan, saat ini sejumlah relawan dari berbagai organisasi dan masyarakat setempat ikut bersama-sama membersihkan materal longsoran dibantu oleh tim dari BPBD, PMI, RAPI, dan relawan organisasi kemasyarakatan lain.

"Untuk penanganan sementara, kita tutup talud yang longsor dengan terpal, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya longsor susulan, mengingat saat ini hujan masih terjadi di Banjarnegara," katanya, Senin (8/5).

Selain itu, korban luka akibat terkena longsoran ini juga sudah mendapatkan penanganan dari tim kesehatan. Sementara warga bersama dengan tim gabungan masih melakukan pembersihan material longsoran.

BACA JUGA:Corat-coret Seragam, Pengamat : Selebrasi Adalah Hal Wajar, Bentuknya yang Harus Diarahkan

Tak hanya itu, hujan yang terjadi di wilayah tersebut juga menyebabkan kerusakan rumah warga yang ada di Dusun Kota Amba RT 03 RW 06 Desa Lebakwangi, Kecamatan Pagedongan. Saat itu, petugas gabungan juga masih melakukan pembersihan pada rumah yang tertimpa material longsoran.

"Ada dua lokasi longsor yang menimpa rumah warga di wilayah Kecamatan Pagedongan, yakni di Dusun Kota Amba Desa Lebakwangi, dan Desa Kebutuhjurang. Saat ini petugas gabungan masih melakukan kerja bakti membersihkan material longosran," ujarnya.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: