Awas! Hingga April 2023, 53 Kasus DBD Ditemukan di Purbalingga

Awas! Hingga April 2023, 53 Kasus DBD Ditemukan di Purbalingga

Ilustrasi demam berdarah-UNSPLASH-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 53 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) ditemukan di Kabupaten Purbalingga, hingga akhir April 2023 lalu.

Data tersebut, didapatkan dari rekapitulasi kasus DBD per Puskesmas Kabupaten Purbalingga, yang dirilis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, per 1 Mei 2023.

Sub Koordinator Pencegahan Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinkes Kabupaten Purbalingga Aji Sumbodo mengatakan, jumlah data kasus DBD di Kabupaten Purbalingga itu, merupakan rekap dari awal Januari hingga April 2023.

"Ada 35 kasus DBD di Kabupaten Purbalingga yang ditemukan, terdiri dari 21 pasien laki-laki dan 14 pasien perempuan," katanya kepada Radarmas, Minggu, 7 Mei 2023.

Aji menjelaskan, jumlah kasus terbanyak ditemukan di wilayah Puskesmas Kalimanah. Di wilayah ini, ditemukan kasus DBD sebanyak enam pasien.

Berada di posisi selanjutnya, adalah Puskesmas Bukateja, Puskesmas Padamara, Puskesmas Bojongsari, serta Puskesmas Serayu Larangan. Kasus yang ditemukan di sejumlah Puskesmas tersebut, masing-masing adalah empat pasien.

Selanjutnya, kasus di Puskesmas Karanganyar Bobotsari dengan tiga pasien, Puskesmas Mrebet dan Puskesmas Karanganyar, dengan dua pasien. 

Sedangkan, di Puskemas Kutawis, Puskemas Kaligondang, Puskesmas Purbalingga, Puskesmas Bojong, Puskesmas Kutasari, serta Puskesmas Rembang. Pada wilayah sejumlah Puskesmas tersebut masing-masig ditemukan satu pasien.

Sementara itu, sejumlah Puskesmas lainnya seperti Puskesmas Kemangkon, Puskesmas Kejobong, Puskesmas Pengadegan, Puskesmas Kalikajar, Puskesmas Karangreja, Puskesmas Karangjambu, serta Puskesmas Karangmoncol belum ditemukan kasus DBD.

Berdasarkan data tersebut, Dinkes Kabupaten Purbalingga mengimbau kepada masyarakat agar selalu melakukan PSN di rumah dan lingkungannya. Hal itu dilakukan untuk tindakan pencegahan. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: