Tuah Rumah Popda eks Karesidenan Banyumas, Purbalingga Gelar Sembilan Cabor

Tuah Rumah Popda eks Karesidenan Banyumas, Purbalingga Gelar Sembilan Cabor

Pertandingan bola basket putra antara tuan rumah Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas di Gedung Kong Kwan.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau Popda tingkat karesidenan Banyumas tahun 2023, digelar di Kabupaten Purbalingga, 3-5 Mei 2023.

Sebanyak sembilan cabang olahraga atau cabor dipertandingkan dalam kejuaraan multi even tingkat eks Karesidenan Banyumas tersebut.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga Prayitno menjelaskan, sebanyak sembilan cabor yang dipertandingkan dalam Popda adalah bola basket, bola voli, bola voli pasir, bulu tangkis, karate, pencak silat, sepak takraw, sepakbola dan taekwondo. 

"Ada tujuh tempat yang menggelar sembilan cabor Popda tingkat eks Karesidenan Banyumas. Yakni, Gedung Kong Kwan, SMKN 2 Purbalingga, Lapangan bola voli pasir Stadion Goentoer Darjono, Lapangan sepakbola Stadion Goentoer Darjono, GOR Mahesa Jenar, GOR Sasana Krida, serta Gedung Sarwa Guna," jelasnya.

Ditambahkan, dalam pelaksanaan Popda tingkat eks Karesidenan Banyumas tersebut diikuti oleh empat Kabupaten. Yakni tuan rumah Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Banjarnegara.

"Popda tingkat eks Karesidenan Banyumas ini diikuti oleh 552 atlet, 88 official, serta 60 juri dan wasit," tambahnya.

Nantinya, atlet atau tim terbaik dalam kejuaraan ini, akan lolos ke Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah. "Cabor yang dipertandingan, merupakan cabor yang harus melalui babak seleksi sebelum lolos ke tingkat provinsi," imbuhnya.

Dia berharap, pada ajang Popda se eks Karesidenan Banyumas ini akan melahirkan bibit atlet unggul yang membanggakan bagi  daerah masing-masing dan bahkan negara indonesia, atau nantinya di level internasional. 

"Event ini menjadi ladang berlatih, berjuang dan menguji diri. Sehingga kalau nanti mereka bertanding dia akan tahu persis bagaimana mengatasi kekurangan-kekurangan itu," ujarnya.

Mantan wartawan ini, juga mengungkapkan Kabupaten Purbalingga sudah meloloskan 40 atlet dalam Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah. Yakni, 16 atlet di cabor atletik, tenis meja 8 atlet, tenis lapangan 2 atlet, judo 3 atlet, balap sepeda 1 atlet, panahan 6 atlet, renang 14 atlet.

Dia menjelaskan, ada dua cabang olahraga lagi yang meloloskan atletnya ke tingkat Jawa Tengah, yakni panjat tebing dan tarung derajat. "Untuk panjat tebing sama tarung drajat masih belum ada konfirmasi dari cabor," jelasnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: