Puncak Arus Balik di Purbalingga Belum Terjadi, Masih 55 Persen Kendaraan yang Belum Keluar Jawa Tengah

Puncak Arus Balik di Purbalingga Belum Terjadi, Masih 55 Persen Kendaraan yang Belum Keluar Jawa Tengah

ISTIRAHAT : Kendaraan pemudik yang tengan beristirahat di rest area Masjid Cheng Ho.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023, kemungkinan akan terjadi pada hari Minggu, 30 April 2023 dan Senin, 1 Mei 2023.

Sebab, hari libur Lebaran tahun ini, akan berakhir pada hari Senin, 1 Mei 2023.

"Saat ini, kondisi lalu lintas arus balik di wilayah Kabupaten Purbalingga sudah mulai landai. Tidak terjadi anteran kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Mia Novrila Savitry melalui KBO Satlantas Iptu Edi Rasio, Sabtu, 29 April 2023.

Meski demikian, diprediksi arus balik akan kembali meningkat. Sebab, dari data Roops Polda Jawa Tengah belum semua kendaraan pemudik sudah kembali ke daerah asalnya.

"Info dr Roops Polda (Jawa Tengah) kendaraan (pemudik) baru keluar dari wilayah Jawa Tengah sekitar 45 persen," ujarnya.

Sehingga, masih ada sekira 55 persen kendaraan pemudik yang belum balik ke daerah asal. "Kita lihat besok Minggu (30 April 2023)," lanjutnya.

Terkait hal itu, dia mengungkapkan Satlantas Polres Purbalingga sudah menyiapkan sejumlah skenario, jika terjadi lonjakan kendaraan pada arus balik.

Satlantas Polres Purbalingga sendiri telah menyiapkan tim khusus untuk mengatasi hal tersebut. Yakni, menyiapkan tim urai kemacetan yang bekerja mobile di sejumlah titik rawan macet.

Diungkapkan, wilayah Kabupaten Purbalingga menjadi jalur yang utara dilalui kendaraan pada arus balik. Sebab, kendaraan yang akan masuk ke pintu tol Pemalang, akan melalui wilayah Kabupaten Purbalingga.

Yakni, menggunakan ruas jalan penghubung Purbalingga-Pemalang. Penumpukan kendaraan besar terjadi kemungkinannya, karena jalur yang dilalui arus balik, juga merupakan jalur wisata. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: